EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Empati Suami Terhadap Kematangan Emosi Istri Pada Kehamilan Anak Pertama (Primigravida) di Kota Banjarmasin

Nurhidayah, Djaenuri (2015) Pengaruh Empati Suami Terhadap Kematangan Emosi Istri Pada Kehamilan Anak Pertama (Primigravida) di Kota Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (543kB) | Preview

ABSTRAK

Nurhidayah, 1101451190, Pengaruh Empati Suami Terhadap Kematangan Emosi Istri Pada Kehamilan Anak Pertama (Primigravida) di Kota Banjarmasin, Skripsi, Jurusan Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin & Humaniora, Pembimbing: (1) Dr. M. Zainal Abidin M. Ag (2) Mubarak M.A. Kata Kunci: Empati, Kematangan Emosi, Kehamilan Anak Pertama Kehamilan merupakan suatu peristiwa yang luar biasa dan merupakan anugerah Allah SWT, sebuah kehamilan perlu mendapat perhatian khusus dari ibu sendiri, suami, dan keluarga yang lain. Partisipasi suami sangat dibutuhkan untuk dukungan psikis, fisik, sosial, dan spiritual. Partisipasi dalam asuhan kehamilan ini merupakan refleksi dari peran suami dalam keluarga. Partisipasi suami saat kehamilan penting dan dapat membantu ketenangan jiwa isteri. Kasih sayang dan belaian suami masih tetap penting sehingga tampak keharmonisan rumah tangga menjelang kehadiran buah cinta yang diharapkan. Partisipasi itu sendiri dapat diwujudkan dalam bentuk empati atau kepedulian terhadap kondisi emosi isteri yang sedang hamil terlebih ketika isteri sedang hamil anak pertama (Primigravida). Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis membuat rumusan masalah : 1. Bagaimana pengaruh empati terhadap kematangan emosi istri pada saat hamil anak pertama (Primigravida), 2. Bagaimana kondisi kematangan emosi isteri pada saat hamil anak pertama (Primigravida). Dengan variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah empati dan variabel terikatnya adalah kematangan emosi. Hipotesis yang digunakan adalah, Ho : tidak ada pengaruh positif antara empati dan kematangan emosi isteri pada kehamilan anak pertama (Primigravida). Untuk hipotesis Ha : ada pengaruh positif antara empati dan kematangan emosi isteri pada kehamilan anak pertama (Primigravida). Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh positif antara empati dan kematangan emosi isteri pada kehamilan anak pertama (Primigravida) dan mengetahui faktor-faktor lain yang ikut berpengaruh selain empati dari suami terhadap kematangan emosi isteri tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Sampling Kuota dan Sampling Purposive. Jumlah item yang valid untuk skala empati adalah 42 item dan jumlah item yang valid untuk skala kematangan emosi adalah 32 item. Data diperoleh melalui angket atau kuisioner. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi dengan menggunakan teknik Pearson’s Product Moment didapat nilai r hitung sebesar 0.613 dengan p value 0.000. Sementara nilai r tabel pada taraf signifikansi 5% dengan N 46 adalah sebesar 0,291. Karena nilai r hitung yang didapat (0.613) > nilai r table (sig. 5% ; N 46 =0,291) (p value < 0.05), hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara empati suami dengan kematangan emosi isteri pada kehamilan anak pertama (primigravida).

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 31 Jul 2015 23:01
Last Modified: 31 Jul 2015 23:01
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/883

Actions (login required)

View Item View Item