EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENILAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMP ISLAM TERPADU BANJARMASIN (STUDI PADA SMPIT UKHUWAH, SMPI SABILAL MUHTADIN DAN SMPIT INSAN MADANI)

Syamsuddin, Syamsuddin (2021) PENILAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMP ISLAM TERPADU BANJARMASIN (STUDI PADA SMPIT UKHUWAH, SMPI SABILAL MUHTADIN DAN SMPIT INSAN MADANI). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (269kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (379kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I SYAMSUDDIN.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II SYAMSUDDIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB III SYAMSUDDIN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB IV SYAMSUDDIN.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB V SYAMSUDDIN.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pada situsi pandemi Covid-19 mengharuskan pembelajaran di sekolah SMPIT Ukhuwah, SMPI Sabilal Muhtadin dan SMPIT Insan Madani menerapkan pembelajaran daring. Begitupun dengan Penilaian pembelajaran diharuskan dengan daring oleh tiga sekolah swasta Islam terpadu yang ada di Banjarmasin tersebut menggunakan beberapa aplikasi, ada yang menggunakan Whatsapp, Quizizz, Google Form, Zoom dan meet. Bahkan ada salah satu sekolah yang sudah di sepakati untuk memberikan pelajaran maupun penilaian kepada murid dengan menggunakan Google Classroom karena dianggap memudahkan untuk proses pembelajaran. Selain itu ditemukan pelanggaran yang terjadi di sekolah SMPIT Ukhuwah, SMPI Sabilal Muhtadin dan SMPIT Insan Madani pada proses pembelajaran, yang mana ketika seorang guru memberikan materi ataupun tugas kepada siswanya maka siswa banyak yang mengabaikannnya dengan bermacam macam alasan, diantara alasan tersebut siwa beralasan bahwa tidak sempat mengerjakan tugas karena sering membantu orangtua dalam peekerjaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumenter, kemudian data dianalisis dengan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian di SMPIT yang ada di Banjarmasin, tentang perencanaan penilain pembelajaran PAI berbasis daring dari segi kognitif, afektif dan psikomotor pada masa pandemi Covid-19, sebagian besar telah melaksanakan perencanaan penilain pembelajaran yang sesuai dengan penilaian segi kognitif, afektif dan psikomotor, yakni merumuskan tujuan yang hendak dicapai sebelum melaksanakan penilaian dengan menetapkan aspek-aspek, metode yang digunakan, serta melakukan analisis soal terlebih dahulu sebelum memberikan kepada siswa. Adapun pelaksanaan penilain dari ketiga aspek tersebut, telah melaksanakan penilain pembelajaran sesuai dengan penilaian, yakni melaksanakan ulangan dengan mengguanakan aplikasi google Classroom, dan WA), Penilaaian Tengah Semester dan Penilaian Akhir Semester. Sedangkan tentang pengelolaan penilain di ketiga aspek tersebut, telah sesuai melaksanakan pengelolaan penilain, yakni bentuk pengolahan tes, pemberian skor, teknik pengolahan nilai, menentukan batas kelulusan dari nilai siswa, kecendrungan dalam menilai guru tidak terpusat dari satu arah saja melainkan beberapa arah dan laporan penilaian dimasukkan kedalam raport siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:41
Last Modified: 08 Oct 2021 01:41
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17306

Actions (login required)

View Item View Item