EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PEMBELAJARAN ALQURAN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SE-KOTA BANJARMASIN (Studi Multi Situs pada MTsN 2, MTsN 3, dan MTsN 4)

Aulia, Muhammad Rizki (2021) PEMBELAJARAN ALQURAN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SE-KOTA BANJARMASIN (Studi Multi Situs pada MTsN 2, MTsN 3, dan MTsN 4). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (19MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran Alquran Hadis adalah bagian dari upaya untuk mempersiapkan sejak dini agar siswa memahami, terampil melaksanakan dan mengamalkan isi kandungan Alquran Hadis melalui kegiatan pendidikan. Tujuan pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah Tsanawiyah adalah agar peserta didik mampu membaca, menulis, menghafal, mengartikan, memahami, dan terampil melaksanakan isi kandungan Alquran dan Hadis dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Jenis penelitian ini adalah field research, yaitu penelitian dengan cara terjun langsung ke lokasi penelitian untuk mengamati dan memperoleh informasi mengenai Pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kota Banjarmasin (Studi Multi Situs pada MTsN 2, MTsN 3, dan MTsN 4). Penelitian lapangan ini bersifat deskriptif, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 5 orang guru Alquran Hadis pada MTsN 2, MtsN 3 dan MTsN 4 Kota Banjarmasin. Sedangkan objek penelitian ini adalah Pembelajaran Alquran Hadis di MTsN 2, MTsN 3, dan MTsN 4 Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan ialah ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah Pada proses perencanaan pembelajaran para guru di MTsN 2, MTsN 3 dan MTsN 4 Kota Banjarmasin telah menyiapkan RPP, silabus, program tahunan (Prota) dan program semester yang berkaitan dengan materi Alquran Hadis. Pada proses pembelajaran para guru telah melaksanakan pembelajaran dari kegiatan awal yang terdiri dari salam, doa, menanya kabar, kegiatan inti yakni menjelaskan materi, diskusi dan tanya jawab, kegiatan penutup yakni menyimpulkan inti pelajaran, evaluasi, doa dan salam. Untuk proses evaluasi pembelajaran yakni meliputi penilaian diri, ujian lisan, ulangan akhir bab, dan ulangan tengah semester. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran Alquran Hadis di MTsN 2, MTsN 3 dan MTsN 4 Kota Banjarmasin ialah kelengkapan sarana dan prasarana Adapun faktor penghambat dalam proses pembelajaran Alquran Hadis di MTsN 2, MTsN 3 dan MTsN 4 Kota Banjarmasin ialah kelas sempit, siswa banyak melebihi kapasitas, sirkulasi udara tidak bagus, penilaian yang agak rumit dan kurangnya penguasaan IT.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 05 Jan 2022 07:20
Last Modified: 05 Jan 2022 07:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17851

Actions (login required)

View Item View Item