EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANJARMASIN

Nizami, Muhammad Abdan (2022) PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Awal dokumen.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (711kB)

ABSTRAK

Penelitian ini mengemukakan tentang pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Adapun fokus masalah yang jadi pokok bahasan dan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu strategi yang digunakan guru Ski dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarmasin dan faktor dukungan dan hambatan yang dialami guru ski dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarmasin Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil subjek dan objek penelitian Subjek utama dalam penelitian ini adalah 1 orang Guru Ski Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarmasin dan objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarmasin dan factor yang mendukung dan menghambat strategi pembelajaran Ski di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarmasin Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, sehingga dari makna tersebut dapat ditarik kesimpulan dengan menggunakan teknik induktif yakni menarik kesimpulan dari hal-hal yang bersifat umum. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan editing yaitu meneliti kembali kelengkapan dan kesempurnaan data yang diolah dan dengan interpretasi pada tahap ini penulis memberikan penjelasan terhadap data yang diperoleh supaya lebih mudah dimengerti bersifat konseptualisasi pernyataan ilmiah yang akan menjadi bahan simpulan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, Strategi pembelajaran sejarah kebudayaan Islam yang disampaikan oleh guru Ski terdiri dari 3 tahapan yakni Tahap Pra Instruksional (kegitan Awal), Tahap Instruksional (kegitan Inti), Tahap Akhir (Penutup). Faktor yang mendukung ialah: Faktor Guru yakni, Latar Belakang Pendidikan Guru dan Pengalaman Mengajar guru ski. Faktor siswa yakni, Minat dan keaktifan siswa, latar belakang lulusan sekolah, antusias, Sedangkan faktor yang menghambatnya ialah Faktor Lingkungan, Faktor Sarana dan Prasarana, dan Ketersediaan Waktu.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:07
Last Modified: 18 Mar 2022 06:07
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18827

Actions (login required)

View Item View Item