EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MENDENGARKAN MUSIK AKUSTIK SEBAGAI STRATEGI COPING PADA MAHASISWA YANG MENGALAMI STRES

Gani, Muhammad Rizani (2022) MENDENGARKAN MUSIK AKUSTIK SEBAGAI STRATEGI COPING PADA MAHASISWA YANG MENGALAMI STRES. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (364kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (804kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

ABSTRAK

Tekanan dalam masa belajar dan segala konflik dapat menimbulkan efek negatif pada psikologis mahasiswa sendiri, salah satunya yaitu stres. Kesulitan remaja maupun mahasiswa dalam mengatasi stres perlu diimbangi dengan strategi coping yang praktis dan murah karena jika stres hanya dibiarkan dapat mengancam kesehatan individu itu sendiri. Studi awal menunjukkan musik akustik dapat menjadi solusi praktis dan murah untuk mengatasi stres yang dialami mahasiswa sebagai bentuk coping yang berpusat pada emosi, karena karakter musiknya yang pelan, lembut dapat memfokuskan pendengar pada penyaluran ekspresi lewat lirik-lirik yang mewakili emosi serta perasaan individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran musik akustik sebagai strategi coping pada mahasiswa yang mengalami stres. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan jumlah subjek sebanyak 10 orang yang memiliki kriteria tertentu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, skala perceived stres scale (PSS-10), dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 8 subjek yaitu AY, MJ, NZ. AL, MR, AM, YK dan LR mengalami stresor yang sama, yaitu tugas akhir perkuliahan. Berbeda dengan subjek HR yang stresornya berasal dari kesehatan keluarga, UAS dan kontes karya tulis ilmiah yang dia jalani, sedangkan subjek MA menempatkan permasalahan terberatnya pada ranah keuangannya. Menggunakan Perceived Stress Scale diketahui 80% subjek mengalami stres tingkat sedang, 10% tingkat rendah dan 10% tingkat berat. Gejala stres dirasakan ke-5 subjek AY, MJ, NZ, AL dan YK yaitu gangguan pola tidur, sedangkan gejala sakit kepala dialami oleh 4 subjek seperti HR, MJ, NZ, AL dan YK. Beberapa subjek mengalami perasaan yang sama seperti NZ dan LR yang merasakan munculnya perasaan tertekan, HR dan AM yang merasakan moodnya memburuk, sedangkan MJ dan AL merasa mudah marah. Sebagai coping emosional beberapa subjek mengalami respon yang sama ketika mendengarkan musik akustik seperti subjek HR, MJ, NZ, AL, MR dan MA, yang mana mereka mengonfirmasi munculnya perasaan tenang ketika mendengarkan musik akustik. Subjek NZ, MR dan LR juga merasakan reaksi yang sama ketika mendengarkan musik akustik yaitu munculnya perasaan suasana hati yang membaik.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 25 May 2022 02:24
Last Modified: 25 May 2022 02:24
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19188

Actions (login required)

View Item View Item