EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Pembelajaran Al-Quran Hadis Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Man 2 Model Banjarmasin

Rohani, Siti (2018) Strategi Pembelajaran Al-Quran Hadis Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Man 2 Model Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (73kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (447kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran Al-Quran hadits dalam implementasi kurikulum 2013 di Man 2 Model Banjarmasin dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran Al-Quran hadits dalam implementasi kurikulum 2013 di Man 2 Model Banjarmasin. Skripsi ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan kurikulum 2013 yang pada saat ini guru bukan lagi menjadi pusat perhatian tetapi menjadi pusat perhatian dalam pembelajaran adalah siswa. Pada mata pelajaran Al-Quran hadis, setiap isi materinya banyak memuat ayat-ayat Al-Quran dan Hadis yang dalam penerapan pembelajarannya sangat perlu mengatahui tatacara membaca Al-Quran dengan baik dan benar, serta perlu juga mengetahui makna yang terkandung didalamnya. Bagi siswa yang pandai membaca Al-Quran tentu akan lebih mudah untuk belajar, tetapi bagaimana dengan siswa yang masih kurang pandai dalam membaca Al-Quran seperti masih tersendat-sendat dalam membacanya atau belum lancar dan masih banyak kesalahan dalam membaca makrajul hurufnya serta panjang pendeknya. Dalam proses kegiatan belajar mengajar Al-Quran Hadis, tentu itu menjadi masalah karena akan menjadi sulit bagi siswa yang bulum pandai membaca Al-Quran untuk memahami materi. Untuk itu guru Al-Quran Hadis harus membuat kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan dan mudah difahami siswa walaupun dalam pembelajarannya siswa yang harus aktif untuk belajar, akan tetapi dalam pelaksanaannya guru juga harus berperan untuk menyusun setiap tahapan dalam kagiatan pembelajaran dan membuat strategi yang dapat membuat siswa aktif dan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah 3 orang guru yang mengajar mata pelajaran Al-Quran Hadis dan siswa kelas X IPS 2, XI AGAMA 1 dan XII MIPA 2 Objek dalam penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran Al-Quran Hadis dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Man 2 Model Banjarmasin. Dalam mengumpulkan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, diperoleh simpulan bahwa strategi pembelajaran Al-Quran Hadis dalam implementasi kurikulum 2013 di Man 2 Model sudah terlaksana dengan baik. Dan dapat dikatakan bahwa strategi yang dijalankan oleh guru telah sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh kurikulum 2013 yaitu pembelajaran yang melibat keaktifan siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: siti hanni siti hanni
Date Deposited: 21 Aug 2018 06:18
Last Modified: 21 Aug 2018 06:18
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10546

Actions (login required)

View Item View Item