EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Aktivitas Pembelajaran Tahfizh Alquran di SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin

Albar, Albar (2019) Aktivitas Pembelajaran Tahfizh Alquran di SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (832kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini mengemukakan tentang Aktivitas Pembelajaran TahfizhAlquran di SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin. Dengan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana aktivitas pembelajaran tahfizhAlquran di SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin dan Faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas pembelajaran tahfizhAlquran di SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang aktivitas pembelajaran tahfizh Alquran di SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin dan Faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas pembelajaran tahfizh Alquran di SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat diskriptif, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun teknik pengolahan data adalah editing dan klasifikasi. Kemudian untuk menganalisis data penulis menggunakan analisis diskriptif kualitatif dan disimpulkan secara induktif. Berdasarkan hasil analisi data, diperoleh simpulan bahwa aktivitas pembelajaran tahfizhpada tahap ini sudah tercapai cukup baik, ini dapat dilihat dari kemampuan peserta didik, walaupun sebagian besar belum bisa membaca tetapi mereka mampu membacakan kembali apa yang telah dibacakan oleh ustadz secara kelompok maupun perindividu. Membaca ayat-ayat Alquran juga dilakukan setiap pagi sebelum masuk pembelajaran, kemampuan peserta didik dalam menghafalkan ayat dengan fokus memperhatikan dan mendengarkan bacaan dari ustadz, ketertipan peserta didik dalam menyetorkan hafalan minimal satu ayat satu hari dan ada juga peserta didik menyetorkan hafalannya lebih dari satu ayat dalam satu hari, kegiatan muroja’ah peserta didik yang dilakukan setiap hari diawal dan diakhir pembelajaran tahfizhAlquran serta metode pembelajaran sudah terlaksana dengan baik ini dapat dilihat guru dalam mengajarkan menggunakan metode wahdah dan sima’i. Faktor-faktor yang mempengaruhi Pembelajaran tahfizhAlquran di SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin adalah sebagai berikut: Faktor guru yaitu, latar belakang pendidikan guru dan pengalaman belajar. Faktor Peserta didik yaitu, niat dan mujahadah (kesungguhan), motivasi, bakat dan kemampuan, serta daya ingat.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Albar Albar Albar
Date Deposited: 12 Feb 2019 00:54
Last Modified: 12 Feb 2019 00:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11074

Actions (login required)

View Item View Item