EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Penggunaan Unit Method terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada mata Pelajaran Bahasa Arab di MIN 1 Tapin

Ahmad Hafi Bijuri, Ahmad Hafi Bijuri (2019) Pengaruh Penggunaan Unit Method terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada mata Pelajaran Bahasa Arab di MIN 1 Tapin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (368kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Skripsi yang membahas tentang pengaruh penggunaan unit method terhadap hasil belajar siswa ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab. Hal ini dilihat bahwa guru mata pelajaran bahasa Arab masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah, tanya jawab dan penugasan. Akibatnya hasil belajar siswa kurang memuaskan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan unit method dan apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan unit method pada pembelajaran bahasa Arab di kelas IV MIN 1 Tapin. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan unit method, untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Unit Method terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa Arab di MIN 1 Tapin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach), yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun kelapangan untuk mengali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu pendekatan penelitian yang menggunakan pengukuran dan memerlukan data statistik dengan menggunakan metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV di MIN 1 Tapin . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan unit method dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran bahasa Arab di kelas IV di MIN 1 Tapin . Hal tersebut berdasarkan analisis hasil belajar peserta didik. Berdasarkan analisis hasil belajar kelas eksperimen mempunyai selisih 20,27 dari nilai rata-rata pretest 48,38 menjadi 68,65 pada nilai rata-rata posttest. Beradasarkan hasil pengujian dengan uji Wilcoxon, didapat nilai hitung sebesar = 0,000 lebih kecil dari α yang telah ditetapkan yaitu < 0,05. Maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan unit method terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MIN 1 Tapin.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AHMAD HAFI AHMAD HAFI BIJURI AHMAD HAFI BIJURI
Date Deposited: 18 Jul 2019 06:51
Last Modified: 18 Jul 2019 06:51
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12220

Actions (login required)

View Item View Item