EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi PAIKEM pada Penyampaian Materi Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Assunniyyah Tambarangan Kecamatan Tapin Selata Kabupaten Tapin.

Hidayat, Rifan (2019) Implementasi PAIKEM pada Penyampaian Materi Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Assunniyyah Tambarangan Kecamatan Tapin Selata Kabupaten Tapin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (244kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (248kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (13kB)

ABSTRAK

Penelitian ini mengemukakan tentang pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan atau yang sering disebut dengan PAIKEM pada penyampaian materi sejarah kebudayaan islam di Madrasah Tsanawiyah Assunniyyah Tambarangan Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin dengan fokus masalah: bagaimana implementasi PAIKEM yang dilaksanakan oleh guru mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Tsanawiyah Assunniyyah Tambarangan Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru sejarah kebudayaan islam, sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah implementasi PAIKEM pada penyampaian materi sejarah kebudayaan islam dan faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi PAIKEM pada penyampaian materi sejarah kebudayaan islam di Madrasah Tsanawiyah Assunniyyah Tambarangan Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam pengolahan data ditempuh melalui koleksi, editing, klasifikasi, dan interpretasi. Analisis data menggunakan data kualitatif dengan mendeskripsikan kejadian yang sesungguhnya kedalam bentuk uraian kalimat, dan dalam mengambil kesimpulan penulis menggunakan metode induktif, yakni menarik kesimpulan dari hal-hal yang berbentuk khusus keumum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi PAIKEM pada penyampaian materi sejarah kebudayaan islam sudah sepenuhnya sesuai dengan langkah-langkah PAIKEM. Hal ini dapat dilihat dari tahap perencanaan yang meliputi: pembuatan silabus, program tahunan, program semestar, dan rencana pelaksanaan pembelajaran, serta disediakannya fasilitas pembelajaran. Selanjutnya pada tahap pelaksanaan yang dilakukan oleh guru sejarah kebudayaan islam sudah sesuai dengan prinsip pelaksanaan PAIKEM dengan langkah-langkah: pemberian motivasi, tepuk tangan, pesan yang positif, permainan, pembagian kelompok dan sebagainya. Faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi PAIKEM pada penyampaian materi sejarah kebudayaan islam di Madrasah Tsanawiyah Assunniyyah Tambarangan Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin adalah latar belakang pendidikan guru, pengalaman mengajar guru mengikuti penataran dan pelatihan, kebijakan sekolah, pengetahuan guru terhadap strategi pembelajaran, fasilitas belajar, alokasi waktu, intelegensi dan minat belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Skripsi Rifan Hidayat
Date Deposited: 31 Jul 2019 03:08
Last Modified: 31 Jul 2019 03:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12543

Actions (login required)

View Item View Item