EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus di SD Inklusif Harapan Bunda Banjarmasin.

Alisya, Alisya (2019) Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus di SD Inklusif Harapan Bunda Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN .pdf

Download (57kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (376kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (288kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (12kB)

ABSTRAK

Alisya. 2018.Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus di SD Inklusif Harapan Bunda Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: (I).Analisa Fitria, S. Pd, M. Si (II). Yusran Fauzi, S. Pd.I, M. Pd. Pembelajaran matematika umumnya sulit untuk dipahami oleh siswa. Kesulitan itu sangat menghambat terhadap hasil pembelajaran seperti juga pada anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan belajar matematika pada anak berkebutuhan khusus serta upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada anak berkebutuhan khusus di SD Inklusif Harapan Bunda Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah dua guru matematika dan seluruh peserta didik kelas III dan kelas V di SD Inklusif Harapan Bunda Banjarmasin. Objek penelitian adalah upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada anak berkebutuhan khusus di SD Inklusif Harapan Bunda Banjarmasin. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa kesulitan belajar matematika pada anak berkebutuhan khusus adalah kurang ingat dalam mengenal angka dari 0-10, materi yang telah diajarkan susah untuk diingat siswa, serta kesulitan dalam mengingat simbol operasi bilangan matematika. Upaya yang dilakukan guru adalah memastikan kesiapan siswa untuk belajar matematika, pemakaian media belajar, permasalahan yang diberikan merupakan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, memberikan tingkat kesulitan soal sesuai kemampuan anak berkebutuhan khusus, memberikan kebebasan anak berkebutuhan khusus dalam menyelesaikan masalah sesuai dengan caranya sendiri, dan menghilangkan rasa takut anak untuk belajar matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Skripsi Alisya Alisya
Date Deposited: 08 Aug 2019 06:31
Last Modified: 08 Aug 2019 06:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12656

Actions (login required)

View Item View Item