EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Problematika Pembelajaran Alquran dengan Metode Iqra’ di TPA Rahmat, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin

Hamid, Abdul (2019) Problematika Pembelajaran Alquran dengan Metode Iqra’ di TPA Rahmat, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (964kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Permasalahan yang digali adalah problematika pembelajaran Alquran dengan metode Iqra’ di TPA Rahmat, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin. Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu bagaimana pembelajaran Alquran dengan metode Iqra’, apa saja problematika pembelajaran Alquran dengan metode Iqra’, serta bagaimana cara guru mengatasi problematika pembelajaran Alquran dengan metode Iqra’ yang terdapat di TPA Rahmat, Kota Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Alquran dengan metode Iqra’,untuk mengetahui problematika pembelajaran Alquran dengan metode Iqra’, serta untuk mengetahui bagaimana cara guru mengatasi problematika pembelajaran Alquran dengan metode Iqra’ yang terdapat di TPA Rahmat, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang mengambil latar belakang di TPA Rahmat, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang Guru/Ustadzah yang mengajar dan peserta didik sebanyak 2 orang di kelas Alif dan 2 orang di kelas Ba, yang menjadi objeknya adalah problematika pembelajaran Alquran dengan metode Iqra’ di TPA Rahmat, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pembelajaran Alquran dengan Metode Iqra’ di TPA Rahmat yaitu perencanaan pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, materi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran; (2) problematika pembelajaran Alquran dengan metode Iqra’ di antaranya adalah manajemen kelas, kesulitan memahami materi, penjelasan guru yang terlalu pelan, kesulitan membedakan huruf-huruf yang bentuknya sama, dan kurangnya konsentrasi; (3) cara guru TPA mengatasi problematika pembelajaran Alquran dengan metode Iqra’ di TPA Rahmat adalah memberikan perhatian, muroja’ah di rumah, mengulang halaman yang diajarkan, dan memberikan tugas.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: hamid abdul hamid hamid
Date Deposited: 17 Oct 2019 03:31
Last Modified: 17 Oct 2019 03:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12851

Actions (login required)

View Item View Item