EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Materi Mufradat Kelas V di MI Abul Hasan Durian Rabung Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Salehuddin, Akhmad (2019) Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Materi Mufradat Kelas V di MI Abul Hasan Durian Rabung Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (217kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (679kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (154kB)

ABSTRAK

Strategi pembelajaran bahasa Arab adalah kegiatan atau proses penyajian dan menyampaian ilmu pengetahuan oleh guru bahasa Arab kepada murid dengan tujuan agar murid memahami dan menguasai bahasa Arab serta dapat mengembangkannya. Pengajaran bahasa Arab diarahkan kepada pencapaian tujuan, yaitu tujuan jangka panjang (tujuan umum) dan tujuan jangka pendek (tujuan khusus). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran bahasa arab materi mufradat di kelas V MI Abul Hasan Durian Rabung Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru Bahasa Arab di MI Abul Hasan Durian Rabung Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran bahasa arab materi mufradat kelas V di MI Abul Hasan Durian Rabung Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumenter. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing dan interpretasi data. Adapun analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik penarikan kesimpulan secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian yang disimpulkan bahwa strategi pembelajaran bahasa Arab materi mufradat kelas V di MI Abul Hasan Durian Rabung Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan sudah berjalan baik dan menarik, hal tersebut dapat dilihat dari 1) Perencanaan pembelajaran yang dibuat guru secara umum sudah baik, hanya saja belum secara rinci memuat strategi pembelajaran yang digunakan; 2) Strategi yang digunakan guru Bahasa Arab pada materi mufradat di kelas V adalah strategi pembelajaran make a match (mencocokkan) dan strategi pembelajaran pesan berantai (artikulasi); 3) Evalusi pembelajaran menggunakan strategi tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu latar belakang dan pengalaman guru, siswa, fasilitas/media, lingkungan dan waktu.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: skripsi Akhmad Salehuddin
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:32
Last Modified: 28 Jan 2020 02:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12852

Actions (login required)

View Item View Item