EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Persepsi Kebahagiaan Masyarakat Banjar Di Desa Gandaraya Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala

Rahmawati, Rahmawati (2020) Persepsi Kebahagiaan Masyarakat Banjar Di Desa Gandaraya Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (366kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (700kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Kebahagiaan yaitu suatu perasaan yang dapat dialami oleh semua orang, tetapi cara untuk mendapatkan kebahagiaan itu berbeda-beda tergantung bagaimana orang tersebut mempersepsikan kebahagiaan itu. Dari studi pendahuluan yang dilakukan di Desa Gandaraya, peneliti menyimpulkan bahwa adanya perbedaan jawaban dari usia remaja, dewasa, dan lanjut usia tentang kebahagiaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kebahagiaan dan persepsi kebahagiaan pada masyarakat Banjar di Desa Gandaraya Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) menggunakan pendekatan mixed methods (metode campuran). Teknik yang digunakan yaitu teknik purposeful sampling yang berdasarkan pada ciri-ciri yang dimiliki oleh subjek yaitu subjek remaja yang berusia (13-18), dewasa awal yang berusia (18-40), dan lanjut usia yang berusia (60 keatas), bersuku Banjar, ayah dan ibu asli orang Banjar, berbahasa Banjar, dan beragama Islam dengan 55 orang untuk pendekatan kuantitatif dan 12 orang untuk pendekatan kualitatif diambil dari sampel 55 orang yang memiliki tingat kebahagiaan yang tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, angket, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan tingkat kebahagiaan pada remaja, dewasa, dan lanjut usia menunjukan mayoritas memiliki kategori sedang, yaitu kategori kebahagiaan tinggi dari jumlah 55 orang sebesar 54,5%, dan sedang 45,5%. Tingkat kebahagiaan remaja dari jumlah 20 orang kategori kebahagiaan tinggi sebesar 35% dan sedang 65%. Tingkat kebahagiaan dewasa dari jumlah 20 orang yaitu kategori kebahagiaan tinggi 55% dan sedang 45%. Dan tingkat kebahagiaan lanjut usia kategori kebahagiaan tinggi 46,7% dan sedang 53,3%. Pada remaja, dewasa dan lanjut usia memiliki persepsi kebahagiaan cenderung berbeda. Persepsi kebahagiaan pada remaja ialah emosi positif, bersyukur, keluarga, prestasi, teman sebaya, dan kehidupan sosial. Pada usia dewasa ialah emosi positif, bersabar dan bersyukur, keluarga, pernikahan, kesehatan fisik, uang, pekerjaan, kehidupan sosial, dan agama/religiusitas. Sedangkan pada lanjut usia ialah emosi positif, bersyukur, usia, uang, keluarga, kesehatan fisik, agama/religiusitas, kehidupan sosial. Dari ketiga kategori tersebut mempunyai kesamaan persepsi dalam hal bersyukur, selain itu juga saling tolong menolong yang termasuk dalam nilai-nilai budaya pada Suku Banjar yaitu ikhlas dan bersyukur, bedingsanakan (persaudaraan), betulungan (tolong menolong) dan karateristik desa yaitu karena jumlah penduduk yang ada di desa tidak terlalu banyak, hubungan kekerabatan antara masyarakatnya terjalin sangat kuat.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 21 Jan 2020 01:11
Last Modified: 21 Jan 2020 01:11
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13530

Actions (login required)

View Item View Item