EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERAN PET ATTACHMENT TERHADAP KEBAHAGIAAN PEMILIK HEWAN PELIHARAAN DI KOTA BANJARMASIN

Budiman, Arief Tri (2019) PERAN PET ATTACHMENT TERHADAP KEBAHAGIAAN PEMILIK HEWAN PELIHARAAN DI KOTA BANJARMASIN. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (765kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (744kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7kB)

ABSTRAK

ABSTRAK Arief Tri Budiman, 1501451000. Peran Pet Attachment Terhadap Kebahagiaan Pemilik Hewan Peliharaan. Skripsi, Jurusan Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, Pembimbing: (I) Rahmadi, S. Ag, M. Pd. I, (II) Mahdia Fadhila, M.Psi.Psikolog. Kata Kunci: Pet Attachment, Kebahagiaan, Pemilik Hewan Peliharaan. Memelihara hewan terutama kucing telah di contohkan oleh Rasulullah saw. sejak dahulu. Segala sesuatu yang dilakukan beliau tentunya bukanlah perkara yang sembarangan. Maka dari itu hal ini pasti menyimpan kebaikan di dalamnya. Hubungan antara manusia-hewan yang terjalin dalam kurun waktu yang semakin lama akan menimbulkan kelekatan di dalamnya atau kita sebut sebagai pet attachment. Maka tujuan penelitian ini akan melihat bagaimana peran dari pet attachment (kelekatan pada hewan peliharaan) terhadap kebahagiaan (kebahagiaan) pemilik kucing tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik penjaringan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 22 orang dan setelah dilakukan screening test menggunakan skala kelekatan yang telah tervalidasi dan reliable (0,807) , diperoleh 5 orang yang termasuk kategori. Selanjutnya 2 orang subjek yang bersedia mengikuti penelitian Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pet attachment pada pemilik hewan peliharaan meliputi adanya kontak fisik antara pemilik dan hewan peliharaannya seperti bermain bersama,memangku, mengelus-elus, menggedong, memandikan, serta tidur bersama dengan kucingnya. Kriteria pilihan ialah dimana pemilik kucing merasa bahwa kucing sudah sebagai anak dan anggota keluarga sendiri, merupakan hewan yang polos, dan tidak bisa mengeluh serta membawa energi positif. Reaksi ketika berpisah dan kehilangan yang dirasakan pemilik kucing saat kucingnya hilang, sakit bahkan meninggal ialah membuatnya menjadi sedih bahkan sampai menangis. Efek terhadap kesehatan fisik dan psikologis keadaan dimana pemilik kucing merasakan emosi positif saat bersama dengan kucingnya. Kondisi ini dirasa bermanfaat oleh pemilik kucing ketika dalam kondisi sakit. Pemilik kucing ini seperti mendapatkan semangat baru dari kucingnya, dan juga merasa kucingnya terus menemaninya beristirahat. Adapun gambaran kebahagiaan pemilik hewan peliharaan dapat dilihat pada aspek dari kebahagiaan itu, yang terdiri dari aspek positive emotion, engagement, positive relationship, meaning and accomplishment dan juga berdasarkan aspek kebahagiaan dalam islam yang meliputi mendapat/karunia Allah swt, amal saleh (berbuat baik), bersabar dan bersyukur. Keseluruhan aspek tersebut terpenuhi dari adanya kelekatan pada hewan peliharaan (pet attachment) sehingga menimbulkan kebahagiaan pada pemilik hewan peliharaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: skripsi Arief Tri Budiman
Date Deposited: 20 Feb 2020 03:03
Last Modified: 20 Feb 2020 03:03
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13697

Actions (login required)

View Item View Item