EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X Madrasah Aliyah Ni’matul Aziz Jelapat 1 Barito Kuala

Ramadhan, Sultan Wahyu (2020) Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X Madrasah Aliyah Ni’matul Aziz Jelapat 1 Barito Kuala. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (687kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (912kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

ABSTRAK

Evaluasi sebagai salah satu komponen dalam proses belajar mengajar menduduki posisi yang penting, karena dengan pelaksanaan evaluasi yang sesuai dengan prosedurnya akan membuat pendidik dapat mengetahui hasil belajar yang dicapai para peserta didik dan efektivitas proses pembelajaran. Namun sayangnya dalam pelaksanaannya kurang berjalan dengan baik, hal itu disebabkan oleh berbagai kendala yang menjadi penghambat pelaksanaan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X Madrasah Aliyah Ni’matul Aziz Jelapat 1 Barito Kuala berdasarkan prosedur pelaksanaan evaluasi pembelajaran dan kendala-kendala yang menghambat dalam pelaksanaannya. Subjek penelitian ini adalah seorang pendidik mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X Madrasah Aliyah Ni’matul Aziz Jelapat 1 Barito Kuala. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan evaluasi yang dilaksanakan oleh Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X Madrasah Aliyah Ni’matul Aziz Jelapat 1 Barito Kuala dan kendala-kendala yang menghambat dalam pelaksanaannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara observasi ke lapangan langsung untuk mendapatkan data dan informasi yang jelas sebagai sasaran penelitian. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan evaluasi pembelajaran dinilai belum baik, karena pendidik tidak memberikan teguran kepada peserta didik yang tidak mengerjakan tugas dan pendidik tidak mengamati peserta didik saat mengerjakan tugas. Walaupun demikian, beberapa prosedur pelaksanaan evaluasi pembelajaran telah dijalankan oleh pendidik, seperti membuat perencanaan, melakukan evaluasi pembelajaran, pre-test dan post-test, dan pemberian nilai hasil evaluasi, serta tindak lanjut terhadap hasil evaluasi. Kendala-kendala yang menghambat dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, yaitu pendidik hanya melakukan empat kali evaluasi pembelajaran pada satu semester. Selain itu kendala selanjutnya adalah seringnya yang digunakan adalah teknik tes kognitif saja, sedangkan variasi teknik tes sikap dan perbuatan tidak digunakan. Terlalu banyak jumlah peserta didik yang ditangani juga menjadi faktor penghambat pendidik dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rian Nor R Rian Nor Rizki Rian Nor Rizki
Date Deposited: 03 Jul 2020 02:16
Last Modified: 03 Jul 2020 02:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14349

Actions (login required)

View Item View Item