EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGARUH MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU DI MIN 10 BANJAR

Fatimah, Nur (2020) PENGARUH MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU DI MIN 10 BANJAR. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (89kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (511kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

ABSTRAK

Kualitas suatu bangsa sangat tergantung kepada peningkatan kualitas pendidikan. Kualitas pendidikan bergantung kepada proses pembelajaran yang dijalankan pada sebuah sistem pendidikan itu sendiri. Selain itu, kehadiran media dalam pembelajaran sangat mempunyai arti dan makna yang cukup penting dalam proses pokok yang harus dilalui oleh seorang guru. Guru memiliki tanggung jawab atas keberhasilan suatu pendidikan yang diharapkan, atas peran serta mutu pendidikan akan menurun bahkan meningkat, karena seorang guru memiliki wewenang dalam menyusun dan menciptakan proses pembelajaran agar dapat diterima oleh peserta didik dengan menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media kartu kuartet dan hasil belajar peserta didik dengan tidak menggunakan media kartu kuartet pada pembelajaran tematik indahnya keragaman di negeriku di kelas IV di MIN 10 Banjar. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan bentuk desain Nonequevalent Control Group Design tipe Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui cara analisis tingkat validitas dan instrumen tes dan analisis data uji coba menggunakan Uji- U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil kemampuan awal (pretest) nilai rata-rata kelas kontrol adalah 61,03 berada pada kualifikasi “Cukup”, sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 64,00 berada pada kualifikasi “Cukup” dengan selisih 2,97. Pada data kemampuan akhir (posttest) nilai rata-rata kelas kontrol adalah 65, 86 berada pada kualifikasi “Cukup”, sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 73,67 berada pada kualifikasi “Baik” dengan selisih 7,78. Hasil pengujian yang dilakukan dengan Independent- Sample Wann-Whitney (Uji- U) diketahui nilai signifikansinya adalah 0,01 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan media kartu kuartet terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema indahnya keragaman di negeriku di MIN 10 Banjar.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 09 Nov 2020 00:49
Last Modified: 09 Nov 2020 00:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14867

Actions (login required)

View Item View Item