EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KAIN SASIRANGAN PADA UKM NIDA SASIRANGAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA SEJENIS DI KOTA BANJARMASIN (PERSFEKTIF EKONOMI SLAM)

Hayati, Noor (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KAIN SASIRANGAN PADA UKM NIDA SASIRANGAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA SEJENIS DI KOTA BANJARMASIN (PERSFEKTIF EKONOMI SLAM). Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (232kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (974kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar Belakangi dari banyaknya persaingan usaha kain Sasirangan di Banjarmasin sehingga masing-masing pemilik usaha harus mempunyai strategi dalam mengembangkan usahanya agar mampu bersaing dan lebih unggul disbanding pesaing yang lain. Salah satu UKM yang telah lama berdiri di Banjarmasin adalah UKM Nida Sasirangan. pengembangan usaha kain sasirangan pada UKM Nida Sasirangan selama ini yang sudah cukup berkembang namun masih belum mampu bersaing dengan pesaing yang lain yang memiliki usaha sejenis dikarenakan masih kurangnya promosi yang dilakukan Nida Sasirangan dibanding pesaing yang lain. Selain itu, tempat yang digunakan UKM Nida Sasirangan masih kurang strategis dibanding pesaingnya yang lain, jumlah produk yang dihasilkan juga cukup terbatas dibanding pesaingnya yang lain seperti Irma Sasirangan, Sahabat Sasirangan dan Citra Sasirangan. Dalam hal pembagian kerja Nida Sasirangan ini juga terlihat belum tertata dengan baik sehingga usaha yang dijalankan masih dikelola dengan sistem kekeluargaan. Sehingga ini juga menjadi salah satu kendala UKM Nida Sasirangan dalam menghadapi pesaingnya karena dalam sebuah perusahaan atau sebuah usaha perlu adanya sebuah struktur organisasi agar pembagian kerja dan tanggung jawab tugas masing-masing tertata dengan jelas Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati serta meneliti langsung ojek penlitian yang akan diteliti di lapangan. Penelitian ini ertempat di UKM Nida Sasirangan yang berada di jalan Surgi Mufti Sungai Jingah Banjarmasin. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti Strategi Pengembangan Usaha pada UKM Nida Sasirangan perlu diperbaharui kembali misalnya dari visi dan misinya harus diterapkan lagi serta promosi, SDM dan Manajemen Keuangannya harus diperaharui kembali sehingga dapat mengatasi kendala yang dihadapi seperti kurangnya SDM, Manajemen dan organisasinya, serta catatan usaha penting dilakukan UKM Nida Sasirangan agar mampu menghadapi pesaing yang memiliki usaha sejenis.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 01 Dec 2020 00:35
Last Modified: 01 Dec 2020 00:35
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14948

Actions (login required)

View Item View Item