EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemberian Penguatan pada Materi Pembelajaran Aqidak Akhlak di MAN 4 Banjar

Rezeki, Muhammad (2021) Pemberian Penguatan pada Materi Pembelajaran Aqidak Akhlak di MAN 4 Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (792kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (703kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (739kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (505kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

ABSTRAK

Agar dapat mencapai tujuan dalam pembelajaran, seorang guru harus memiliki kompetensi untuk menunjang pencapaian tujuan tersebut. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah keterampilan memberi penguatan. Sehingga dapat memotivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penguatan merupakan cara digunakan oleh seorang pegajar/pendidik dalam kegiatan belajar dan merealisasikan pada penguatan dalam belajar. Tujuan penelitian ini mengatahui materi penguatan, cara-cara penerapan penguatan, penerapan penguatan, faktor pendukung pemberian penguatan dan faktor penghambat pemberian penguatan pada materi pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN 4 Banjar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 (dua) guru mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas XII dan perwakilan siswa di MAN 4 Banjar, sedangkan objek penelitian ini adalah data yang berkenaan dengan materi penguatan, cara-cara penerapan penguatan, penerapannya, faktor pendukung pemberian penguatan dan faktor penghambat pemberian penguatan pada materi pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN 4 Banjar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan editing, klasifikasi data, interpretasi data dan analisis data. Berdasarkan analisis data disimpulkan pemberian penguatan pada materi pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN 4 Banjar yaitu memberi penguatan yang jelas dan waktu yang tepat dalam memberikan arahan kepada peserta didik, pujian dan motivasi kepada peserta didik yang berprestasi dan suasana belajar yang disenangi oleh peserta didik mendapatkan nilai lebih dengan pujian-pujian yang tepat, memberikan senyuman dan acungan jempol terhadap peserta didik, menyebut nama dan kelompok yang unggul dan mendapatkan nilai lebih dengan pujian. Faktor pendukung dan penghambat pemberian penguatan pada materi pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN 4 Banjar terdiri faktor guru, siswa, lingkungan, sarana dan prasarana. Faktor penghambat pemberian penguatan pada materi pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN 4 Banjar terdiri dari faktor lingkungan, sarana & prasarana dan waktu.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NUR KAMARI NUR KAMARIAH NUR KAMARIAH
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:37
Last Modified: 03 Feb 2021 03:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15220

Actions (login required)

View Item View Item