EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemanfaatan Media Visual Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Banjarmasin

Rizqa, Nur (2021) Pemanfaatan Media Visual Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (25kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (619kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pentingnya media dalam menunjang keberhasilan proses belajar mengajar, karna pada zaman sekarang media yang terus berkembang dapat membantu guru dalam penyampaian materi saat pembelajaran sedang berlangsung. Skripsi ini mengemukakan tentang cara guru pendidikan agama Islam dalam pemanfaatan media khususnya media visual pada siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Banjarmasin dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media visual dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan media visual dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 7 Banjarmasin Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru pengajar dijadikan sebagai responden penelitian yaitu guru pendidikan agama islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), dengan pendekatan kualitiatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara wawancara, dan dekomentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskritif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media visual pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 7 Banjarmasin dimulai dari guru menentukan bentuk media yang akan dipakai dan langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan ketika pembelajaran dimulai. Dimulai dari guru menentukan tujuan yang hendak dicapai, mempersiapkan materi, memberikan arahan atau rincian apa saja yang akan dilakukan selama pembelajaran kepada siswa, seperti berdoa, mengabsen kemudian memberikan materi yang sesuai dengan media yang akan digunakan oleh guru seperti Google Class Room, Quizizz, Zoom, Google Meeting. Lalu, memberikan tugas kepada siswa serta melakukan evaluasi pada tahap akhir pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan media visual pada materi shalat dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 7 Banjarmasin adalah faktor guru, siswa, ketersediaan waktu dan biaya.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 08 Feb 2021 00:26
Last Modified: 08 Feb 2021 00:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15302

Actions (login required)

View Item View Item