EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

IMPLEMENTASI NILAI MUTU DALAM PENGELOLAAN ASRAMA PONDOK PESANTREN (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN DARUL HIJRAH PUTRI DAN PONDOK PESANTREN AL-FALAH PUTRI BANJARBARU)

Bahroini, Muhammad (2021) IMPLEMENTASI NILAI MUTU DALAM PENGELOLAAN ASRAMA PONDOK PESANTREN (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN DARUL HIJRAH PUTRI DAN PONDOK PESANTREN AL-FALAH PUTRI BANJARBARU). Tesis, Pasca Sarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (213kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Asrama adalah unsur penting bagi lembaga pendidikan Islam yang menamakan dirinya pondok pesantren. Keberadaan asrama secara umum belum dikelola secara professional maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai mutu perencanaan (quality of planning), mutu pengorganisasian (quality of organizing), mutu pelaksanaan (quality of actuating), dan mutu pengawasan (quality of controlling) pada pengelolaan asrama di Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri dan Pondok Pesantren Al Falah Putri Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles & Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan memanfaatkan sumber dan metode. Berdasarkan data penelitian ini, bahwa implementasi nilai mutu dalam pengelolaan asrama di Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri dan Pondok Pesantren Al Falah Putri Banjarbaru secara umum sudah memenuhi standar fungsi manajemen, yaitu mutu perencanaan (quality of planning), mutu pengorganisasian (quality of organizing), mutu pelaksanaan (quality of actuating), dan mutu pengawasan (quality of controlling). Sumber daya yang menjadi sasaran penelitian ini meliputi; santriwati, guru/karyawan, sarana prasarana, dan keuangan. Mutu perencanaan dilaksanakan dengan membuat standar dan pemenuhan standar sumber daya masing-masing pondok pesantren. Mutu pengorganisasian dimulai dari penentuan struktur, penentuan pengelola, pembagian tugas, serta sistem komunikasi dan kordinasi. Mutu pelaksanaan dilakukan dengan pengarahan secara umum dan khusus, pemberian ishlah, dan pemberian motivasi. Mutu pengawasan meliputi pengawasan kinerja, pengawasan administratif, pengawasan fisik asrama, dan pengawasan personil. Standar pengelolaan asrama pondok pesantren saat ini belum memiliki acuan dari Kementerian Agama, sehingga pondok pesantren memiliki standar sendiri dalam memenuhi kebutuhan pesantrennya masing-masing. Untuk memenuhi standar pengelolaan asrama, Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri memaksimalkan kunjungan kamar (room visit) dan evaluasi berkala perhari, per minggu, perbulan, pertriwulan, dan persemeter, adapun Pondok Pesantren Al Falah Putri Banjarbaru memaksimalkan komunikasi dan kordinasi serta evaluasi secara berkala perhari dan perbulan untuk mencapai pengelolaan asrama yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 17 Feb 2021 06:07
Last Modified: 17 Feb 2021 06:07
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15467

Actions (login required)

View Item View Item