EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembinaan Akhlak Remaja di Panti Asuhan Aisyiyah Hikmah Zam-Zam Sultan Adam Banjarmasin

Mahmudah, Siti (2021) Pembinaan Akhlak Remaja di Panti Asuhan Aisyiyah Hikmah Zam-Zam Sultan Adam Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (348kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (868kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh para remaja yang sudah tidak memiliki orang tua atau remaja yang kurang mampu dan terlantar, mereka cenderung terbawa kepada hal-hal yang negatif karena jiwa mereka yang masih labil serta kurang mendapatkan kasih sayang dan perhatian. Oleh karena itu sangat perlu dilakukan penanganan dan pembinaan akhlak oleh lembaga-lembaga sosial seperti panti asuhan. Pembinaan akhlak ini dilakukan guna memperbaiki akhlak remaja yang belum baik menjadi baik atau menyempurnakan akhlak remaja yang sudah baik menjadi lebih baik agar nantinya remaja setelah keluar dari panti asuhan diharapkan bisa berbaur dengan baik di masyarakat dan lingkungan sekitar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa Pembinaan Akhak Remaja di Panti Asuhan Aisyiyah Hikmah Zam-Zam Sultan Adam Banjarmasin dan untuk mengetahui Faktor-Faktor Internal dan Eksternal apa saja yang Mempengaruhi Pembinaan Akhak Remaja di Panti Asuhan Aisyiyah Hikmah Zam-Zam Sultan Adam Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah tujuh orang pengasuh panti asuhan dan lima belas orang remaja panti asuhan, sedangkan objek penelitiannya adalah Pembinaan Akhlak Remaja di Panti Asuhan Aisyiyah Hikmah Zam-Zam Sultan Adam Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui klasifikasi dan editing lalu dianalisis dengan menggunakan deskristif kualitatif untuk penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan akhlak yang dilakukan oleh pengasuh panti asuhan kepada para remaja di Panti Asuhan Aisyiyah Hikmah Zam-Zam Sultan Adam Banjarmasin sudah terlaksana dengan baik. Namun, masih ada sebagian kecil dari pembinaan akhlak oleh para pengasuh panti asuhan kepada para remaja panti asuhan yang belum sempurna, Sementara dari segi hasil pembinaan akhlak sudah dikatakan baik, hal ini terlihat dari baiknya akhlak kebanyakan remaja panti asuhan dalam kehidupan sehari-harinya. Metode pembinaan akhlak yang digunakan keseluruhan bisa dikatakan berhasil dengan baik seperti metode keteladanan, nasihat, pembiasaan maupun metode hukuman. Namun hanya metode pemberian hadiah yang kurang maksimal terlaksana. Pembinaan akhlak remaja panti asuhan memiliki faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kepribadian pendidik dan pembentukan pola asuh keluarga sedangkan faktor eksternalnya meliputi lingkungan sekolah dan ponsel (handphone).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHALIDATUL KHALIDATUL MAULIDIAH KHALIDATUL MAULIDIAH
Date Deposited: 19 Feb 2021 02:31
Last Modified: 19 Feb 2021 02:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15477

Actions (login required)

View Item View Item