EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pola Pembelajaran Sejarah Islam di Pondok Tahfizh Mahasiswa Al amanah Banjarmasin

Anshory, Ahmad Al (2021) Pola Pembelajaran Sejarah Islam di Pondok Tahfizh Mahasiswa Al amanah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (558kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Sejarah Kebudayaan Islam memang menjadi mata pelajaran yang terkesan membosankan bagi kebanyakan peserta didik. Hal ini dibuktikan pada tiap-tiap tahun dari mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) yang mengambil konsentrasi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada semester V tidak melebihi dari 10% dari jumlah keseluruhan mahasiswa PAI. Minat peserta didik pada Sejarah Kebuyaan Islam memang sangatlah minim, dan hanya beberapa peserta didik yang menyukai mata pelajaran Sejarah umum ataupun Sejarah Kebudayaan Islam. UIN Antasari Banjarmasin menyediakan wadah bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam yang tertarik pada Sejarah Kebuyaan Islam untuk lebih mendalami keilmuan sejarahnya. Sejarah Kebudayaan Islam pun merupakan mata pelajaran yang ada pada tiap-tiap madrasah, dimulai dari Madrasah Ibtidayah hingga Madrasah Aliyah. Pada lembaga pendidikan swasta lainnya pun terdapat mata pelajaran ini. Seperti di lembaga Pondok Tahfizh Mahasiswa Al amanah Banjarmasin. Pondok Tahfizh Mahasiswa Al amanah Banjarmasin adalah sebuah lembaga untuk menghafal Alquran bagi para mahasiswa. Namun pada pelaksanaannya terdapat beberapa program diluar menghafal Alquran sebagai menunjang keilmuan Alquran tersebut, salah satunya program pembelajaran Sejarah Islam. Dimana pembelajaran yang di lakukan di lembaga ini sangat berbeda pada pembelajaran sejarah pada umumnya. Hasil dari penelitian lapangan ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan adalah metode bercerita. Pada pelaksanaannya hampir mirip dengan dongeng sebelum tidur yang dibacakan pada anak-anak. Namun bedanya yang dibacakan bukanlah dongeng, melainkan fakta sejarah yang meliputi kisah Nabi Muhammad SAW hingga kisah-kisah para Sahabat R.hum. Dan problematika yang dihadapi itu berasal dari diri santri itu sendiri, disebabkan program yang dilaksanakan jam 9 WITA setelah program menghafal Alquran hingga timbul rasa malas, kesibukan diluar, mengerjakan tugas dan sebagainya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHALIDATUL KHALIDATUL MAULIDIAH KHALIDATUL MAULIDIAH
Date Deposited: 25 Feb 2021 06:34
Last Modified: 25 Feb 2021 06:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15521

Actions (login required)

View Item View Item