EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Komodifikasi Pesan Dakwah dalam Iklan (Studi Analisis Semiotik Pada Iklan Layanan Gojek)

Billah, Muhammad Arif (2020) Komodifikasi Pesan Dakwah dalam Iklan (Studi Analisis Semiotik Pada Iklan Layanan Gojek). Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (359kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Gojek adalah sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang bergerak di bidang jasa, dengan lebih dari 20 fitur layanan yang ditawarkan. Sebagai salah satu startup terbesar di Indonesia, Gojek turut meramaikan euforia datangnya bulan Ramadhan setiap tahunnya dengan memproduksi sebuah iklan yang ditayangkan di berbagai media, seperti televisi dan media sosial youtube dengan menyisipkan berbagai unsur keislaman atau pesan dakwah. Hal ini dilakukan agar menarik minat masyarakat untuk tetap menggunakan berbagai fitur Gojek selama bulan Ramadhan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti mengajukan sebuah pertanyaan, yaitu bagaimana bentuk komodifikasi pesan dakwah dalam iklan layanan Gojek edisi Ramadhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian Kualitatif mengungkapkan situasi sosial tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar, dibentuk oleh kata-kata berdasarkan teknik pengumpulan dan analisis data yang relevan yang diperoleh dari situasi yang alami, dalam hal ini penulis menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes untuk menguraikan bentuk komodifikasi pesan dakwah dalam kedua iklan ramadhan terbaru yang diproduksi oleh Gojek, yaitu iklan dengan judul "Cari Kebaikan" yang ditayangkan pada tahun 2019 dan "Hikayat Sang Musafir" yang ditayangkan pada tahun 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat berbagai pesan dakwah yang tersebar di berbagai scene pada kedua iklan tersebut dan diubah menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual untuk menarik minat masyarakat, dengan pesan dakwah yang menjadi mayoritas berupa pesan dakwah terkait dengan syari’ah dan akhlak.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Muhammad Arif Billah
Date Deposited: 07 Mar 2021 14:35
Last Modified: 07 Mar 2021 14:35
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15600

Actions (login required)

View Item View Item