EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU FIGUR KARISMATIK ABAH GURU SEKUMPUL KARYA K.H. M. ANSHARY EL KARIEM

Rahmadani, Rizky (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU FIGUR KARISMATIK ABAH GURU SEKUMPUL KARYA K.H. M. ANSHARY EL KARIEM. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (409kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (748kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (364kB)

ABSTRAK

Penelitian ini memiliki latar belakang dengan melihat urgensi nilai-nilai pendidikan Islam bagi generasi muslim dan karisma Abah Guru Sekumpul sebagai teladan masyarakat dalam membentengi diri dari pengaruh buruk globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Figur Karismatik Abah Guru Sekumpul karya K.H. M. Anshary El Kariem berupa nilai pendidikan akidah, nilai pendidikan akhlak dan nilai pendidikan ibadah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan dengan sifat penelitian adalah deskriptif-analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan survei kepustakaan. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa buku Figur Karismatik Abah Guru Sekumpul karya K.H. M. Anshary El Kariem memuat nilai pendidikan akidah, akhlak dan ibadah. Adapun nilai pendidikan akidah, diantaranya ilahiyyat berupa keyakinan sifat Allah qudrah dan iradat serta nama-Nya Ar-Razzaq dan Al-Muntaqim, nubuwwah berupa keimanan kepada Nabi Muhammad Saw. dan karamah, ruhaniyyat berupa keyakinan tentang ruh dan sam’iyyat berupa keyakinan tentang surga. Nilai pendidikan akhlak, diantaranya akhlak terhadap Allah Swt. berupa tawakal dan syukur; akhlak terhadap manusia diantaranya akhlak terhadap diri sendiri berupa sabar, kanaah, warak, istikamah, tawaduk, pemaaf, zuhud, kerja keras serta mujahadah dan riyadhah; akhlak terhadap keluarga berupa taat dan berbakti kepada kedua orang tua, membantu istri serta mendidik anak disiplin; akhlak terhadap orang lain atau masyarakat berupa menghormati guru, tawaduk dan pemurah pada murid, memuliakan tamu, dermawan, penyayang, adil, ta’awun dan husnuzan. Nilai pendidikan ibadah, diantaranya ibadah mahdhah berupa salat berjemaah, salat sunah dan haji; dan ibadah ghairu mahdhah berupa nikah, qiradh atau mudharabah, sedekah, jual beli, amar makruf nahi mungkar, belajar dan mengajarkan ilmu agama serta memberikan pendidikan agama dan nafkah keluarga.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 08 Mar 2021 13:33
Last Modified: 08 Mar 2021 13:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15666

Actions (login required)

View Item View Item