EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Keterampilan Sosial terhadap Komitmen Organisasi Pengurus UKK-KOPMA UIN Antasari Banjarmasin

Amin, Muhammad Hasan (2021) Pengaruh Keterampilan Sosial terhadap Komitmen Organisasi Pengurus UKK-KOPMA UIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (633kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pengurus UKK-KOPMA merupakan sekelompok individu yang mengurus kegiatan-kegiatan yang menyangkut hal-hal tentang koperasi mahasiswa. Sesuai dengan makna organisasi mereka pun memiliki tujuan tertentu. Tujuan tersebut bisa tercapai apabila pengurus di dalamnya memiliki komitmen organisasi yang bagus. Komitmen organisasi adalah kesetiaan seseorang untuk tetap berada dalam organisasi. Di samping itu, dalam hal meningkatkan komitmen organisasi, para pengurus harus memiliki keterampilan sosial yang baik pula. Keterampilan sosial adalah kemampuan untuk bergaul dengan baik dengan orang lain dan memberikan keuntungan untuk dirinya sendiri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi komitmen organisasi dan keterampilan yang dimiliki oleh mereka, kemudian seberapa besar pengaruh keterampilan sosial yang mereka miliki dengan komitmen organisasinya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memakai analisis uji regresi linear sederhana. Subjek pada penelitian ini adalah pengurus UKK-KOPMA UIN Antasari Banjarmasin dengan sampel sebanyak 41 orang dari 101 populasi. Sedangkan objeknya adalah keterampilan sosial sebagai variabel bebas dan komitmen organisasi sebagai variabel terikatnya. Teknik dalam mengumpulkan data pada penelitian ini adalah menggunakan angket dari skala likert dan dokumentasi berupa Surat Keterangan. Kemudian, teknik analisis datanya menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas dan terakhir uji regresi linear sederhana yang semuanya menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics 22 dalam menghitungnya. Berdasarkan hasil perhitungan, nilai dari mean pada angket keterampilan sosial adalah 41.71 dan standar deviasi 4.808. Pada hasil tersebut diperoleh kategori keterampilan sosial tinggi sebanyak 7.3%, rendah 22% dan sedang 70.7%. Artinya keterampilan sosial pengurus UKK-KOPMA UIN Antasari Banjarmasin menempati tingkat sedang. Kemudian, nilai mean dari angket komitmen organisasi adalah 60.98 dan standar deviasi 5.369.Hasil tersebut memperoleh kategori tinggi sebanyak 14.6%, sedang 70.7% dan rendah 14.6%. Artinya komitmen organisasi pengurus UKK-KOPMA UIN Antasari Banjarmasin menempati tingkat sedang. Kemudian hasil uji hipotesisnya menunjukkan nilai signifikan sebesar 0.048 lebih rendah dari standar signifikan, yaitu 0.05 (0.048<0.05) dan nilai R square 0.096 yang artinya variabel keterampilan sosial memiliki pengaruh terhadap komitmen organisasi sebesar 9.6% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2021 13:19
Last Modified: 10 Mar 2021 13:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15731

Actions (login required)

View Item View Item