EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik Pada Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Kota Banjarmasin

Rasidah, Herni (2021) Strategi Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik Pada Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (554kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui strategi pembelajaran apa yang digunakan guru pada masa pandemi covid19 yang mengharuskan peserta didik belajar di rumah. Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat dapat mewujudkan tuntutan kurikulum, sehingga proses pembelajaran dikatakan berhasil agar siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran tematik sehingga strategi yang dibutuhkan Guru dalam melaksanakan Pembelajaran Tematik di Madrasah harus mengarah ke peserta didik. Guru harus dituntut untuk selalu kreatif dalam segala hal yang berkaitan dengan pendidikan karena adanya pandemi covid19 banyak guru yang terfokus pada pemberian tugas saja tidak menjalankan proses pembelajaran dengan baik sehingga berkurangnya pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran bahkan ada yang tidak memahami pembelajaran yang diberikan sama sekali. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) data yang diperoleh, dicari dan ditetapkan di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan dengan terjun kelapangan mengenai strategi guru dalam pembelajaran tematik pada Madrasah Ibtidaiyah Daruh Huda Kota Banjarmasin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatakan kualitatif, yaitu tentang keadaan di lapangan yang diteliti, diamati, dan berdasarkan atas pengamatan yang dilakukan. Kualitatif adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan aspek kualitas, nilai, atau makna yang terdapat dibalik fakta. Kualitatif adalah suatu penelitian yang lebih menekankan analisis pada proses pengumpulan deduktif dan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antara fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah Subjek penelitian ini adalah guru kelas 1 sampai kelas 6 MI Darul Huda Kota Banjarmasin yang berjumlah 15 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah startegi pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran tematik. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan pada MI Darul Huda adalah strategi daring memakai whatsapp dengan mengirimkan penjelasan materi melalui pesan suara ataupun video, strategi group whatsapp dengan memberikan tugas.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHALIDATUL KHALIDATUL MAULIDIAH KHALIDATUL MAULIDIAH
Date Deposited: 16 Mar 2021 01:49
Last Modified: 16 Mar 2021 01:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15928

Actions (login required)

View Item View Item