EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Kebersihan Lingkungan pada SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru

Karomah, Fatma (2021) Pendidikan Kebersihan Lingkungan pada SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (286kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (678kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Pendidikan merupakan sarana dalam membentuk sikap warga sekolah menjadi peduli terhadap lingkungan. Proses pendidikan dan pengajaran mengenai kebersihan yang diterapkan di lingkungan sekolah, dapat meningkatkan kepedulian warga sekolah untuk mewujudkan kondisi lingkungan yang bersih. Pada saat ini, masalah kebersihan menjadi hal yang serius, dan perlu mendapatkan perhatian lebih. Kondisi lingkungan yang tidak dijaga dengan baik, akan mempengaruhi citra sekolah menjadi buruk, dan siswa akan merasa tidak nyaman dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Masalah kebersihan, bukan hanya tanggung jawab dari petugas kebersihan saja. Akan tetapi siswa maupun warga sekolah yang lain juga sangat berperan penting dalam menjaga dan menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman ketika proses belajar mengajar dan melakukan aktivitas di sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendidikan kebersihan lingkungan, mendeskripsikan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pendidikan kebersihan lingkungan pada SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research),yaitu penelitian yang terjun langsung ke lapangan dalam menggali informasi. Objek penelitian ini adalah pendidikan kebersihan lingkungan pada SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru. Sedangkan subjek penelitian ini adalah ketua adiwiyata, guru wali kelas I dan guru wali kelas IV, staf tata usaha, petugas kebersihan. Pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui editing, koding, interpretasi data, dan dianalisis secara analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kebersihan lingkungan pada SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru sudah terlaksana dengan baik. Melalui pelaksanaan program green school, kegiatan pembelajaran di luar kelas, yaitu kegiatan gardening dan outing class. Kegiatan kebersihan, yaitu piket kebersihan kelas, jum’at bersih, dan gotong royong. Pelaksanaan program atau kegiatan berbasis lingkungan yang diterapkan di sekolah dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, maka ada beberapa faktor yang mendukung, yaitu: siswa, guru, sarana dan prasarana. Sedangkan faktor yang menghambat, yaitu waktu dan anggaran dana.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Farah Aida Farah Aida Farah Aida
Date Deposited: 02 Jul 2021 06:54
Last Modified: 02 Jul 2021 06:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16384

Actions (login required)

View Item View Item