EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Model Kepemimpinan Guru Mata Pelajaran Tematik Kelas V di SDN Surgi Mufti 4 Banjarmasin

Rahimah, Noor (2021) Model Kepemimpinan Guru Mata Pelajaran Tematik Kelas V di SDN Surgi Mufti 4 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (674kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana model-model kepemimpinan guru mata pelajaran tematik dalam proses pembelajaran di SDN Surgi Mufti 4 Banjarmasin. Dalam proses pembelajaran sangat penting model kepemimpinan guru diterapkan agar tujuan pembelajaran mudah tersampaikan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai model-model kepemimpinan guru mata pelajaran tematik kelas V di SDN Surgi Mufti 4 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif. Data diperoleh penulis dengan menggunakan teknik wawancara, dengan jumlah responden 1 yaitu 1 orang guru mata pelajaran Tematik kelas V dan juga tentang sarana dan prasarana sekolah serta keadaan guru pengajar di SDN Surgi Mufti 4 Banjarmasin dengan cara bertanya langsung kepada informan yaitu Kepala Sekolah dan Tata Usaha di SDN Surgi Mufti 4 Banjarmasin. Lokasi penelitian ini adalah SDN Surgi Mufti 4 terletak di Jl.Masjid Jami’ RT 01 No 33 Kelurahan Surgi Mufti 4 Banjarmasin Kec. Banjarmasin Utara. SDN Surgi Mufti 4 Banjarmasin berada dalam pemukiman penduduk dekat denga pekuburan muslimin daerah Masjid Jami’ Kec. Banjarmasin Utara. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan teknik editing, klarifikasi dan Interpretas guna memberikan interpretasi terhadap data yang telah disajikan supaya menjadi jelas dan mudah dipahami. Berdasarkan hasil dari observasi, wawancara dan dokumentasi yang telah peneliti lakukan di SDN Surgi Mufti 4 Banjarmasin dapat disimpulkan, bahwa dalam kepemimpinan guru kelas V di SDN Surgi Mufti 4 Banjarmasin dalam model kepemimpinan guru untuk proses pembelajaran menggunakan model kepemimpinan demokratis dimana model kepemimpinan tersebut bersifat mengutamakan kerjasama dimana kerjasama antara guru dan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran dan model tersebut sesuai dengan situasi serta karakter peserta didiknya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Farah Aida Farah Aida Farah Aida
Date Deposited: 02 Aug 2021 03:54
Last Modified: 02 Aug 2021 03:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16711

Actions (login required)

View Item View Item