EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pesan Dakwah dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye (Analisis Isi Etnografi)

ALKAUSARI, ELMA (2021) Pesan Dakwah dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye (Analisis Isi Etnografi). Skripsi, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (413kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi fenomena perkembangan zaman yang semakin meningkat dalam penyebaran Agama Islam. Sekarang penyebaran Agama Islam yang dilakukan dengan cara berdakwah tidak hanya di sampaikan melalui lisan, namun juga dapat dilakukan dengan melalui berbagai macam media massa seperti youtube, instagram, radio, televisi, serta dapat juga melalui media film digital. Saat ini banyak penulis muslim Indonesia menggunakan media tulisan sebagai penyampaian dakwah, salah satunya adalah karya tulis yang berbentuk novel. Di dalam novel para penulis muslim Indonesia menyisipkan berbagai pesan dakwah, yang di sampaikan melalui perilaku, ucapan, karakter, dan cara tokoh dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Novel Hafalan Shalat Delisa ini merupakan salah satu karya best seller dari seorang penulis bernama Tere Liye, bahkan novel ini telah difilmkan ke layar lebar dengan judul yang sama yakni Hafalan Shalat Delisa. Dalam novel ini mengandung pesan dakwah tentang keikhlasan dan perjuangan seseorang, yang akan bermanfaat bagi pembaca untuk menjalankan kehidupan. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja pesan dakwah yang disampaikan Tere Liye lewat karakter Delisa dalam novel Hafalan Shalat Delisa. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan Library Research (Kepustakaan) dalam bidang karya tulis. Sehingga, dalam memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini, peneliti melakukan survey kepustakaan untuk menginventarisir bahan pustaka yang berhubungan atau memuat kajiankajian masalah yang diteliti dari beberapa media. Penelitian ini menggunakan Analisis Isi Etnografi yang merupakan pesan dakwah yang disampaikan pengarang melalui karakter Delisa dalam novel Hafalan Shalat Delisa. Pesan dakwah ini akan dihubungkan dengan masyarakat Aceh. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pada novel Hafalan Shalat Delisa terkandung pesan-pesan dakwah yang disampaikan pengarang melalui karakter Delisa yang berisi pesan akidah, akhlak, dan syariah. Yang ternyata ketiga pesan dakwah itu berhubungan dengan budaya dan karakter murni (asli) dari masyarakat Aceh itu sendiri berdasarkan cerita yang mengandung iktibar dan folkor yang disampaikan secara turun temurun dalam masyarakat Aceh.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:30
Last Modified: 08 Sep 2021 03:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17211

Actions (login required)

View Item View Item