EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Promosi Taman Pendidikan Al-Qur’an Unit 191 Al-Inayah Banjarmasin

Adawiyah, Rabiatul (2021) Strategi Promosi Taman Pendidikan Al-Qur’an Unit 191 Al-Inayah Banjarmasin. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN (RA).pdf

Download (232kB)
[img] Text
AWAL (RA).pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK RA (3).pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB I (RA).pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB II (RA).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
BAB III (RA).pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB IV (RA).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V (RA).pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (RA).pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP (RA).pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini dilandasi atas dasarnya suatu aspek yang mempunyai ragam pendidikan salah satunya taman pendidikan Al-Qur’an yang merupakan pendidikan non-formal, yaitu sebagai pemantap misi pendidikan keagamaan (Islam) di TK/SD/MI yang posisinya dipandang masih kurang banyak waktu untuk mendalaminya. TK/TPA Al-Qur’an yang juga mempunyai tujuan agar dapat tampil berdampingan dengan sekolah pendidikan formal yaitu TK/SD/MI. Sekaligus pula dapat membantu peranan orang tua dalam pendidikan keagamaan di rumah, sebab kondisi orang tua pada umumnya kurang siap berhubungan faktor kesibukan atau pun faktor keawaman orang tua. Berdasarkan pokok permasalahan penelitian ini adalah dengan beberapa alasan karena telah maraknya antar persaingan terutama banyaknya taman pendidikan Al-Qur’an yang sekarang lebih mudah ditemui dengan jarak yang saling berdekatan. Menggunakan bentuk startegi promosi yang telah dilakukan oleh TK/TPA Unit 191 Al-Inayah Banjarmasin dalam mempertahankan dan menambah jumlah santri pertahunnya dengan menerapkan kegiatan bauran promosi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yaitu pengumpulan data melalui metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam melakukan kegiatan strategi promosi yang telah diterapkan oleh TK/TPA Al-Inayah Banjarmasin telah dilaksanakan dengan baik yaitu dengan adanya proses kegiatan promosi periklanan, penjualan pribadi/perorangan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung dan informasi dari mulut kemulut. Pihak TK/TPA lebih menekankan dalam melakukan penerapan tersebut menggunakan bentuk strategi promosi dengan meraih ketertarikan dalam menciptakan dan membantu anak menjadi generasi qur’ani yang beriman dan bertanggung jawab, berakhlak mulia, yang mempunyai rasa tanggung jawab moral dan sosial dalam rangka menyongsong masa rahmatan lil alamin. Di sisi lain dalam kegiatan promosi ini pihak lembaga mempunyai kendala dalam menjalankan kegiatan promosi dengan alasan pihak lembaga tidak terlalu memfokuskan dalam bidang kegiatan promosi dan tidak adanya tim khusus dalam memantau jalanya promosi tersebut. Faktor pendukung yaitu mendapatkan dukungan dari media sosial, papan reklame, donatur, dan kegiatan publikasi dan faktor penghambat dengan mengingat semakin banyak TK/TPA Al-Qur’an yang saat ini sudah sangat mudah untuk ditemui dan jarak yang berdekatan, dan ketetapan keputusan itu berada pada orang tua dalam memilih tempat pembelajaran untuk anaknya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dr Ahdie Anwary
Date Deposited: 20 Dec 2021 03:11
Last Modified: 20 Dec 2021 03:11
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17755

Actions (login required)

View Item View Item