EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

ALTRUISME RELAWAN PADA RUMAH SINGGAH AL-AJYB

SYARIFUDDIN, SYARIFUDDIN (2021) ALTRUISME RELAWAN PADA RUMAH SINGGAH AL-AJYB. Skripsi, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN .pdf

Download (197kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ASBTRAK.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (202kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

ABSTRAK Syarifuddin: 1501451888 “Altruisme Relawan Pada Rumah Singgah Al-Ajyb” Jurusan Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, 2021, Pembimbing: (1) Mubarak, M.A. Pembimbing (2) Imadduddin, M.A. Kata kunci: Altruisme, Relawan, Rumah Singgah Al-Ajyb. Perilaku menolong yang memberikan manfaat secara positif, dilakukan secara suka rela, dan tanpa mengharapkan imbalan dalam psikologi disebut sebagai altruisme. Pada altruisme terdapat bentuk-bentuk, aspek-aspek, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Maka adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk, aspek-aspek, dan serta faktor-faktor yang mempengaruhinya terhadap 3 orang subjek relawan pada rumah singgah anak jalanan yang baik atau Al-Ajyb Banjarmasin. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang biasa disebut field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara penggalian data secara mendalam dan menyeluruh. Perolehan data mencakup transkrip wawancara, cacatan lapangan, dokumen pribadi atau penunjang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang dengan karakteristik relawan yang bekerja di rumah singgah Al-Ajyb minimal 6 bulan atau lebih, berusia 20-40 tahun, serta bersedia menjadi subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada subjek pertama yaitu SA, menjadi relawan anak jalanan karena memiliki prinsip bahwa ilmu agama yang dipelajarinya sewaktu di pondok perlu untuk diajarkan kepada anak jalanan yang kurang akan ilmu agama. Pada subjek kedua yaitu AR, memiliki kepercayaan bahwa dengan menjadi relawan anak jalanan Tuhan memberikan ketenangan jiwa selama hidup di dunia. Sedangkan pada subjek B, melakukan segala kebaikan adalah tugas sebagai manusia. Adapun bentuk-bentuk altruisme para relawan pada rumah singgah Al-Ajyb berdasarkan setting sosialnya bersifat terencana dan formal, berdasarkan keadaan yang menerima pertolongan bersifat serius, dan berdasarkan jenis pertolongannya bersifat langsung. Aspek altruisme yakni empati, belief on a just world, social responsibility, kontrol diri secara internal dan ego yang rendah pada relawan rumah singgah Al-Ajyb mempunyai karakteristik aspek altruisme yang disebutkan. Ada persamaan dan perbedaan karakteristik pada ketiga relawan yaitu pandangan dan nilai-nilai kehidupan yang dimiliki setiap relawan. Adapun faktor altruisme yakni, empati, faktor personal dan situasional, nilai-nilai agama dan moral, norma tanggung jawab sosial, suasana hati dan norma timbal balik pada relawan juga sama yaitu mempunyai karakteristik faktor altruisme yang disebutkan. Faktor yang mempengaruhi relawan berperilaku altruisme juga ada memiliki persamaan dan perbedaan di setiap faktornya, karena tergantung pandangan dan nilai-nilai kehidupan yang dimiliki pada setiap relawan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:38
Last Modified: 30 Dec 2021 03:38
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17839

Actions (login required)

View Item View Item