EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA SMP NEGERI 1 KERTAK HANYAR DI KABUPATEN BANJAR

Nisa, Hairun (2022) PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA SMP NEGERI 1 KERTAK HANYAR DI KABUPATEN BANJAR. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN HAIRUN NISA.pdf

Download (138kB)
[img] Text
AWAL HAIRUN NISA.pdf

Download (656kB)
[img] Text
ABSTRAK HAIRUN NISA.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I HAIRUN NISA.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB II HAIRUN NISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] Text
BAB III HAIRUN NISA.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB IV HAIRUN NISA.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB V HAIRUN NISA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA HAIRUN NISA.pdf

Download (296kB)
[img] Text
LAMPIRAN HAIRUN NISA.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Pelatihan ini dilatar belakangi oleh beberapa persoalan mendasar yang berkaitan dengan upaya mewujudkan perkembangan sumber daya manusia yang ada di SMP Negeri 1 Kertak Hanyar. Pelatihan sangat dibutuhkan disini karena sumber daya manusia disini masih ada beberapa yang tidak sadar akan pelatihan, padahal pelatihan sangat penting untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas sebagai seorang guru yang profesional. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah tentang pengembangan sumber daya manusia pada SMP Negeri 1 Kertak Hanyar, yang meliputi analisis kebutuhan pelatihan guru, pelatihan dilaksanakan, serta hasil evaluasi pelatihan. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana analisis kebutuhan pelatihan guru di SMP Negeri 1 Kertak Hanyar, mengetahui bagaimana pelaksanan pelatihan di SMP Negeri 1 Kertak Hanyar dan mengetahui bagaimana hasil evaluasi pelatihan.Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan jenis penelitiannya adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan guru-guru yang mengikuti pelatihan di SMP Negeri 1 Kertak Hanyar. Objek dalam penelitian ini adalah meneliti tentang pengembangan sumber daya manusia pada SMP Negeri 1 Kertak Hanyar. Data dalam penelitian ini ada data primer dan sekunder. Sumber data dalam penelitian ini adalah responden, informan dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Dan untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode reduksi data, display data dan verifikasi data.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan sumber daya manusia pada SMP Negeri 1 Kertak Hanyar yang terdiri dari beberapa tahapan yang terdiri dari analisis kebutuhan pelatihan guru, pelatihan dilaksanakan, dan hasil evaluasi pelatihan. Analisis kebutuhan pelatihan guru di SMP Negeri 1 Kertak Hanyar dilaksanakan dengan sebagaimana semestinya. Hal ini karena analisis dilakukan dengan melihat apa yang dibutuhkan guru-guru yang ada di SMPN 1 Kertak Hanyar, yaitu berdasarkan perkembangan zaman dan teknologi yang masuk ke pedalaman, agar pelatihan sesuai dengan yang dibutuhkan, pelatihan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kertak Hanyar sudah sesuai dengan apa yang diharapakan oleh guru-guru, yaitu menggunakan metode, jam, teknik yang sesuai dengan pelatihan yang mereka ambil. Hal ini karena tanggapan guru-guru dengan adanya pelaksaan pelatihan mereka lebih terampil dalam mengolah data administrasi bagi staf tata usaha dan terampil dalam mengajar sebagai guru mata pelajaran, dan untuk hasil evaluasi pelatihan di SMP Negeri 1 Kertak Hanyar sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pihak sekolah. Hal ini karena dengan adanya pelatihan terhadap guru-guru, guru menjadi lebih mempunyai wawasan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 26 Jan 2022 05:44
Last Modified: 26 Jan 2022 05:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18077

Actions (login required)

View Item View Item