EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KINERJA MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DI MAN 2 HULU SUNGAI TENGAH

Safitri, Noorbaiti (2022) KINERJA MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DI MAN 2 HULU SUNGAI TENGAH. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN NOORBAITI SAFITRI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
AWAL NOORBAITI SAFITRI.pdf

Download (712kB)
[img] Text
ABSTRAK NOORBAITI SAFITRI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I NOORBAITI SAFITRI.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB II NOORBAITI SAFITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB III NOORBAITI SAFITRI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV NOORBAITI SAFITRI.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB V NOORBAITI SAFITRI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NOORBAITI SAFITRI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
LAMPIRAN NOORBAITI SAFITRI.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Keberhasilan mutu pendidikan di madrasah tidak hanya ditentukan oleh guru yang berkualitas, tetapi juga faktor kepala madrasah yang berkualitas dan profesional. Kinerja kepala madrasah dalam merencanakan, mengawasi dan mengevaluasi pembelajaran, merupakan faktor utama dalam pencapaian keberhasilan di madrasah. Kepala madrasah harus memiliki kualifikasi akademik yang memadai, pengalaman kerja, kinerja manajerial dan motivasi kerja yang positif. Tujuan dari penelitian ini antara lain adalah untuk mengetahui perencanaan, pengawasan dan evaluasi yang dilakukan kepala madrasah pada MAN 2 Hulu Sungai Tengah. Metode kualitatif deskriptif (descriptive research) adalah metode yang digunakan pada tulisan ini yaitu penelitian dengan mendiskripsikan suatu keadaan atau fenomena-fenomena yang terjadi apa adanya. Ada beberapa cara pengambilan data dalam penelitian ini diantaraya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data diambil dan didapatkan, selanjutnya diproses melalui penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan dari keseluruhan proses penelitian mulai awal hingga akhir. Dari hasil sajian data dan analisis data, diperoleh beberapa temuan bahwa Perencanaan kepala madrasah pada MAN 2 Hulu Sungai Tengah dinilai baik karena telah merumuskan misi, visi dan tujuan madrasah, mempunyai program jangka 1 tahun dan 4 tahun, menyusun Rencana Kerja Anggaran Madrasah (RKAM), mengatur masalah keuangan secara sistematis. Pengawasan kepala madrasah pada MAN 2 Hulu Sungai Tengah dilakukan dengan cara mengawasi pelaksanaan kegiatan pendidikan madrasah, kontrol terhadap visi dan misi, pembinaan kepada guru dan staf dalam hal mengajar mengelola madrasah dan melaksanakan supervisi kemampuan guru dengan baik. Metode evaluasi yang dipakai oleh kepala madrasah pada MAN 2 Hulu Sungai Tengah yaitu melalui rapat koordinasi. Beliau mengumpulkan seluruh pihak madrasah yang terdiri dari seluruh Wakamad, perwakilan guru, bagian tata usaha, bendahara Kemudian dari komite untuk terlibat dalam evaluasi kinerja yang membahas tentang perencanaan yang dilakukan dan program kegiatan yang dilaksanakan. Sistem yang dipakai kepala madrasah dalam mengambil sebuah keputusan dilakukan dengan cara konsultasi musyawarah dan diputuskan secara kebersamaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:11
Last Modified: 27 Jan 2022 03:11
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18097

Actions (login required)

View Item View Item