EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Layanan Bimbingan Pribadi Sosial Pada Siswa di MTsN 1 Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan

Malinda, Ratna (2022) Layanan Bimbingan Pribadi Sosial Pada Siswa di MTsN 1 Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (276kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
AWAL-2_merged.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (341kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (484kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya masalah pribadi sosial pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Hulu Sungai Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Bagaimana faktor-faktor yang menentukan keberhasilan bimbingan pribadi sosial pada siswa, serta mengetahui Bagaimana layanan yang dilakukan guru Bimbingan dan Konseling dalam menangani masalah pribadi sosial pada siswa kelas VIII di MTsN Hulu Sungai Selatan. Jenis penelitan adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terlibat pribadi sosial dan Objek dari penelitian ini adalah Layanaan Bimbingan Pribadi Sosial Pada Siswa Di MTsN 1 Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor masalah pribadi sosial pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Hulu Sungai Selatan adalah terdapat kemampuan guru bimbingan dan konseling baik atau kurang baik sangat berpengaruh terhadap mengatasi masalah siswa, hubungan guru bimbingan dan konseling dan siswa jua sangat berpengaruh terhadap hasil, faktor terkait dengan siswa, faktor terkait masalah dan faktor jenis-jenis masalah. Layanan bimbingan pribadi sosial yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam menangani masalah pada siswa yaitu memberikan layanan konsultasi, layanan mediasi yaitu guru Bimbingan dan Konseling memberikan nasehat agar siswa tidak mengulangi perilaku tersebut dan mengubah perilaku yang lama ke perilaku yang baru (perilaku yang sesuai), layanan responsif dan informasi untuk mencegah terjadinya masalah pribadi sosial pada siswa, mengidentifikasi masalah, melakukan konseling individual. Setelah itu guru Bimbingan dan Konseling mengadakan evaluasi dengan meninjau catatan poin siswa dan absen kelas. Layanan tersebut ditindaklanjuti dengan kegiatan kunjungan rumah dan kerja sama dengan pihak sekolah termasuk wali murid.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wahidah Wahidah Wahidah
Date Deposited: 04 Feb 2022 00:17
Last Modified: 14 Feb 2022 00:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18277

Actions (login required)

View Item View Item