EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

ETIKA KOMUNIKASI DAKWAH NAJWA SHIHAB DALAM ACARA TALKSHOW SHIHAB & SHIHAB (ANALISIS ISI)

Erfiana, Erma (2022) ETIKA KOMUNIKASI DAKWAH NAJWA SHIHAB DALAM ACARA TALKSHOW SHIHAB & SHIHAB (ANALISIS ISI). Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (224kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (459kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi atas ketertarikan penulis dengan dakwah yang semakin tersebar luas dikalangan masyarakat zaman sekarang melalui media sosial seperti youtube. Karna berdakwah melalui media mempermudah masyrakat untuk mengaksesnya selama terhubung dengan jaringan internet. Youtube merupakan salah satu media sosial yang kerap digunakan para pendakwah sebagai strategi media mereka berdakwah. Saat ini menyebarkan dan mendengarkan dakwah melalui youtube sangat diminati oleh kebanyakan masyarakat, karna dapat diakses dengan mudah dan dengan sedikit biaya serta tidak tampak membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis perkataan setiap kalimat yang dikeluarkan oleh Najwa Shihab dalam lima video yang ada pada channel youtube Najwa Shihab dalam salah satu kontennya yang bertemakan dakwah yakni Talkshow Shihab & Shihab yang memuat enam prinsip gaya bahsa dalam Etika Komunikasi Dakwah oleh Jalaluddin Rakhmat. Talkshow Shihab & Shihab sendiri merupakan salah satu bentuk Strategi Dakwah yang penulis anggap relevan pada masa sekarang ini karna memuat tema�tema yang dekat dengan kehidupan kita dan dibawakan dengan obrolan santai tanpa terkesan mengurui ataupun menceramahi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis isi dengan jenis penelitian kualitatif terhadap data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan cara dokumentasi dan download data secara online. Objek penelitian adalah video yang diposting pada channel youtube yang memenuhi kriteria menganduk enam prinsip gaya bahasa etika komunikasi menurut Jalaluddin Rakhmat yang diunggah di tahun 2019 hingga 2021. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Najwa Shihab sudah menggunakan etika komunikasi dakwah dengan baik ketika melangsungkan acara Talkshow Shihab & Shihab, terbukti saat dia bertanya dengan narasumber dan menjawab pertanyan penonton dia selalu menggunakan etika yang baik dan pantas, seperti menyapa salah satu narasumber yakni Yenni wahid dengan sapaan “kaka ku tersayang”. Ketika menyambung lidahkan pertanyaan penonton pun najwa shihab selalu memakai kata “mohon maaf” agar tidak menyakiti perasaan yang disambungkan atau yang akan menyambungkan dan yang sangat terasa etika najwa shihab itu ketika dia selalu menggunakan namanya tanpa menggunakan kata “saya ataupun aku” agar terlihat lebih dekat dengan narasumber ataupun dengan penonton dan itu adalah salah satu etika sosial yang digunakan najwa shihab dalam acara Shihab & Shihab dan penulispun merasa bahwa najwa shihab sudah menggunakan etika komunikasi dakwah yang sangat baik dalam acara Shihan & Shihab.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:24
Last Modified: 12 Aug 2022 03:24
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20245

Actions (login required)

View Item View Item