EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 1 KAPUAS UNIT 2

Hairunisa, Hairunisa (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 1 KAPUAS UNIT 2. Skripsi, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (404kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Menyikapi kondisi pandemi Covid-19 dan kebijakan pemerintah, proses pembelajaran di tingkat SD/MI menerapkan pembelajara daring. Pembelajaran daring atau pembelajaran (dalam jaringan) merupakan cara alternatif agar tetap dilaksanakannya proses belajar mengajar, peserta didik bisa mengikuti pembelajaran kapan saja dan dimana saja melalui smartphone, laptop ataupun komputer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran tematik, mengetahui apa media yang digunakan dan bagaimana sikap peserta didik dalam proses belajar daring pada masa pandemi Covid-19 di MIN 1 Kapuas Unit 2. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran tematik pada masa pandemi Covid-19 di MIN 1 Kapuas Unit 2, sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan peserta didik di MIN 1 Kapuas Unit 2. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis beberapa tahap yaitu pengumpulan data, klarifikasi data dan deskripsi data. Hasil temuan dari penelitian adalah sebagai berikut 1) Proses pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di MIN 1 Kapuas Unit 2 dilangsungkan secara daring. Guru melakukan proses perencanaan yaitu menyusun RPP daring dalam bentuk satu lembar, untuk komponen RPP daring hampir sama dengan komponen RPP sebelumnya, yang membedakan hanya pada bagian indikator, RPP daring cukup menggunakan satu indikator. Pada pelaksanaan pembelajaran, aktivitas guru yaitu: mengirim materi, menjelaskan materi, membimbing peserta didik dan membuat soal. Aktivitas peserta didik yaitu; memahami materi, berdiskusi, menanya, dan menjawab soal. 2) Media yang sering digunakan dalam pembelajaran daring yaitu; Google Classroom dan grup WhatsApp, dikarenakan mudahnya akses masuk dan respon peserta didik lebih cepat, guru dan peserta didik melaksanakan pembelajran menggunakan Smartphone ataupun laptop. 3) menurut guru sikap peserta didik saat pembelajaran daring mengalami perubahan yaitu; kurang percaya diri, kurang mampu bekerjasama, pada saat disapa guru secara daring kurang merespon, dan ada beberapa peserta didik yang kurang disipin dalam pengumpulan tugas.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 01 Sep 2022 05:57
Last Modified: 01 Sep 2022 05:57
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20489

Actions (login required)

View Item View Item