EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MIN I BARITO KUALA

Jam’ah, Jam’ah (2022) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MIN I BARITO KUALA. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (90kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (560kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB iii.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB iv.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (109kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Kegiatan belajar mengajar sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang tepat agar pencapaian hasil belajar siswa meningkat. Penggunaan model Quantum Teaching merupakan salah satu cara yang diharapkan agar dapat membantu untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran Quantum Teaching dengan maksud bahwa pentingnya memasuki dunia siswa dalam kegiatan belajar dengan menciptakan suasana yang nyaman sehingga siswa dapat memahami materi yang diajarkan dan dapat membawa apa yang telah dipelajari ke dalam kehidupan mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V MIN I Barito Kuala Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V MIN I Barito Kuala yang berjumlah 40 orang siswa yang terdiri kelas V A sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran. Quantum Teaching dan Kelas V B sebagai kelas kontrol yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran. Quantum Teaching. Materi yang diajarakan adalah pembelajaran tematik tema 6 sub tema 2 perpindahan kalor disekitar kita pelajaran 1, 2, dan 3. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Setelah data terkumpul, dilakukan perhitungan statistic yang meliputi rata-rata (mean), standar deviasi, varians, uji normalitas. Selanjutnya, dianalisis dengan Teknik analis statistik yaitu uji paired sampel T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik antara sebelum dan sesudah menggunakan model Quantum Teaching di kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata (pretest) 42,00 dan di kelas kontrol memiliki nilai rata-rata (pretest) 42,25. Nilai rata-rata (posttest) pada kelas eksperimen adalah 60,25 dan nilai rata-rata (posttest) pada kelas kontrol adalah 49,75. Dari hasil rata-rata (posttest) dapat dilihat bahwa terdapat hasil belajar siswa yang signifikan pada persentse hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 45% berada pada kategori efektif dan persentase hasil belajar siswa di kelas kontrol 15% berada dalam kategori efektif. Dari hasil perhitungan uji t bahwa Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,010. Karena nilai 0,010 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa model Quantum Teaching berpengaruh pada pembelajaran tematik kelas V MIN I Barito Kuala Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 08 Sep 2022 00:25
Last Modified: 08 Sep 2022 00:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20549

Actions (login required)

View Item View Item