EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Perilaku Konsumtif Mahasiswi FEBI Dan FS Belanja Online dalam Perspektif Ekonomi Islam

Zenah, Maulidina (2022) Perilaku Konsumtif Mahasiswi FEBI Dan FS Belanja Online dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Perilaku konsumsi dalam islam tidak terlepas dari norma yang menjadi tolak ukur yang memberikan cara pandang dunia cenderung mempengaruhi perilaku kepribadian manusia. Perkembangan tren yang selalu berganti membuat para konsumen tidak ingin ketinggalan untuk mengikutinya, sehingga membuat pola konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumtif mahasiswi FEBI dan FS belanja onlinedalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif yaitu meneliti secara langsung ke tempat lokasi penelitian. Lokasi penelitian ini bertempat di UIN Antasari Banjarmasin. Dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah MAhasiswi FEBI dan FS. Untuk memperoleh data tersebut peneliti melakukan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini kesimpulannya ialah 12 informan yang menggunakan online shop dalam berbelanja cenderung konsumtif. dapat dilihat dari beberapa ciri-ciri antara lain berbelanja karena diskon, berbelanja untuk menjaga penampilan, berbelanja karena mudahnya terpengaruh iklan, memakai produk karena unsur konformalitas terhadap model yang mengiklankan, dan mencoba lebih dari dua produk sejenis. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhinya antara lain: yaitu kelompok referensi, gaya hidup, dan kepribadian. Selain itu dengan adanya online shop banyak memberikan kemudahan yang menyebabkan mahasiswi gemar berbelanja online. namun disisi lain adapula kendala yang dialami oleh mahasiswi FEBI dan FS yaitu tidak biasa melihat kualitas barang secara langsung, rawan penipuan, dan membutuhkan waktu dalam proses pengiriman. Menurut perspektif ekonomi islam perilaku mahasiswi FEBI dan FS dalam melakukan konsumsi tidak sesuai dengan syariat dapat dilihat dari tindakan mereka dalam membelanjakan uangnya arti tidak dalam kebaikan, adanya perilaku kikir, tabdzir dan tidak sederhana.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:20
Last Modified: 24 Oct 2022 06:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20915

Actions (login required)

View Item View Item