EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Metode Gasing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dasar Perkalian pada Siswa Kelas II MIN 2 Hulu Sungai Tengah

Saida, Antung Ni’matus (2022) Pengaruh Metode Gasing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dasar Perkalian pada Siswa Kelas II MIN 2 Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (37kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (895kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (649kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Perlunya kemampuan pemahaman konsep dasar perkalian pada siswa, sebagaimana didapatkan masih banyak siswa yang belum mampu menghitung perkalian dengan tepat. Metode Gasing (GAmpang, aSyIk, dan menyenaNGkan) adalah metode belajar dengan menerapkan cara yang lebih sederhana, dipadukan dengan pendekatan logika, dan meminimalisir bergantung pada rumus dan hafalan. Metode ini berupa kegiatan eskplorasi nyata (konkret), sehingga siswa berperan langsung serta aktif dalam pembelajaran. Penggunaan metode gasing diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dasar perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep dasar perkalian pada siswa kelas II sebelum dan sesudah menggunakan metode gasing dan untuk mengetahui pengaruh metode gasing terhadap kemampuan pemahaman konsep dasar perkalian pada siswa kelas II. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dengan metode eksperimen. Desain penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II berjumlah 106 orang. Sampel penelitian ini kelas II A dan II C berjumlah 70 siswa. Sumber data penelitian ini yaitu responden, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normaitas dan homogenitas serta uji mann-whitney (Uji-u). Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep dasar perkalian siswa dengan menggunakan metode gasing untuk kelas eksperimen meningkat 50,03 dari nilai rata-rata pretest 41,41 menjadi 91,44 pada nilai rata-rata posttest, berada pada kategori “Sangat Baik”. Sedangkan pada kelas kontrol hanya meningkat 30,06 dari nilai rata-rata pretest 39,72 menjadi 69,78 pada nilai rata-rata posttest, berada pada kategori “Cukup”. Kemudian dalam perhitungan menggunakan Uji U diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode gasing terhadap kemampuan pemahaman konsep dasar perkalian pada siswa kelas II di MIN 2 Hulu Sungai Tengah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 08 Nov 2022 01:58
Last Modified: 08 Nov 2022 01:58
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21042

Actions (login required)

View Item View Item