EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

. أساليب الشرط في الأحاديث النبوية المذكورة في كتاب الجامع الكبير للترمذي وجوانبها التربوية (دراسة تحليلية نحوية)

Majedi, Majedi (2022) . أساليب الشرط في الأحاديث النبوية المذكورة في كتاب الجامع الكبير للترمذي وجوانبها التربوية (دراسة تحليلية نحوية). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (282kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (786kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (379kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (445kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (395kB)

ABSTRAK

في هذا البحث يبحث الباحث عن أساليب الشرط في الأحاديث النبوية المذكورة في كتاب الجامع الكبير للترمذي خصوصًا في المجلد الثالث أبواب البر والصلة. ومنهج هذا البحث العلمي هو البحث المكتبي، واستخدام المنهج الوصفي، واستخدام المدخل النوعي ويكون بجمع البيانات وهي الأحاديث المتضمنة أسلوب الشرط وتحليلها، ومن ثم استخلاص النتائج. أما نتائج هذا البحث العلمي كما يلي: (1) أساليب الشرط المذكورة في الأحاديث هي واحد وأربعين حديثًا. (2) صورة أساليب الشرط المذكورة في هذه الأحاديث هي خمسة صور: ماضيان، مضارعان، أن يكون الأول ماضيًا والثاني مضارعًا، أن يكون أحدهما فعل أمر، أن يكون أحدهما جملة اسمية. (3) أنماط أساليب الشرط المذكورة في هذه الأحاديث هي نمطان: أسلوب الشرط التام، التوسيع في أسلوب الشرط. (4) العناصر التربوية المستخرجة في هذه الأحاديث هي المعلم والمتعلم والمحتوى. (5)الجوانب التربوية المستخرجة في هذه الأحاديث هي الجانب الاعتقادي، والجانب العبادي، والجانب الأخلاقي. (6) الجوانب التربوية في أساليب التعليم المستخرجة في هذه الأحاديث هي أسلوب المحاضرة في التعليم، وأسلوب الاستعارة والأمثال في التعليم، وأسلوب الترغيب والترهيب في التعليم. (7) أدوات الشرط المذكورة هي حرف من الجازمة، وحرف ما الجازمة، وحرف إذا الغير الجازمة، وحرف إن الجازمة. Dalam penelitian ini, peneliti mencari uslub-uslub syarat dalam hadits-hadits Nabi yang disebutkan dalam Kitab Al-Jami' Al-Kabir Lit-Tirmidzi, khususnya pada jilid ketiga, bab kesalehan dan hubungan. Metode penelitian ilmiah ini adalah penelitian literatur, menggunakan metode deskriptif, dan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu mengumpulkan data, yaitu hadis-hadis yang termasuk metode kondisional, menganalisisnya, dan kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian ilmiah ini adalah sebagai berikut: (1) Uslub syarat yang disebutkan dalam hadits adalah empat puluh satu hadits. (2) Gambar uslub-uslub syarat yang disebutkan dalam hadits-hadits ini ada lima jenis: dua madhi, dua mudhari, yang pertama adalah madhi dan yang kedua mudhari, salah satunya adalah fiil amr, salah satunya adalah jumlah ismiyyah. (3) Pola uslub-uslub syarat yang disebutkan dalam hadits ini ada dua hal: uslub syarat sempurna, dan perluasan dalam uslub rsyarat. (4) Unsur pendidikan yang digali dalam hadits-hadits tersebut adalah guru, pembelajar, dan isinya. (5) Aspek pendidikan dari hadits-hadits tersebut adalah aspek akidah, aspek ibadah, dan aspek akhlak. (6) Aspek pendidikan metode pendidikan yang disarikan dari hadits-hadits tersebut adalah metode ceramah dalam pendidikan, metode metafora dan peribahasa dalam pendidikan, dan metode dorongan dan intimidasi dalam pendidikan. (7) Adat-adat syarat yang disebutkan dalam hadits-hadits ini adalah: adat (من) al-jazimah, adat (ما) al-jazimah, adat (إذا) ghair al-jazimah, dan terakhir adat (إن) al-jazhimah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 21 Dec 2022 01:05
Last Modified: 21 Dec 2022 01:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21308

Actions (login required)

View Item View Item