EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Mata Pelajaran Matematika di MIN 1 Banjar Kecamata Tatah Makmur Kabupaten Banjar

Hasnaniah, Hasnaniah (2022) Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Mata Pelajaran Matematika di MIN 1 Banjar Kecamata Tatah Makmur Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan secara sistematis dan mengikuti panduan pelaksanaan PTM terbatas di masa new normal. Pihak sekolah telah merencanakan dan melaksanakan sesuai dengan prosedur protokol kesehatan, namun dari segi proses belajar mengajar di kelas, penyampaian materi cukup dipadatkan dan hanya menyampaikan poin-poin pentingnya saja, dan mempertegas pada penyelesaian latihan soal, sehingga siswa dipacu oleh waktu dan memaksimalkan waktu yang tersedia sehingga harus fokus dalam mengikuti pembelajaran. Mayoritas guru matematika pada umumnya kurang memperhatikan kemampuan matematis siswa dan cara mengajar yang kurang bervariasi. Selain itu, siswa juga masih cenderung pasif dan kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas, sehingga hal demikian berdampak pada aktivitas siswa dan juga perolehan hasil belajar matematika siswa yang berada pada kategori cukup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas mata pelajaran matematika, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tatap muka terbatas di MIN 1 Banjar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu 3 orang narasumber dan kepala sekolah sebagai informan, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya dengan cara editing, klasifikasi, tabulasi dan interpretasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran matematika berjalan dengan baik, dan menurut para guru pembelajaran ini sangat membantu orang tua dalam hal pembelajaran apalagi pada mata pelajaran matematika, materi yang di sajikan tetap menggunakan strategi agar tidak bosan. Faktor pendukung dan peghambat yaitu seperti kesiapan mental, sarana dan prasarana, alat dan media, kemampuan pendidik, dan lingkungan. Faktor pendukung yang paling penting itu adalah kesiapan mental dan kemampuan pendidik karena pendidik perlu memahami serta menguasai tentang inovasi belajar sehingga mempunyai kesiapan mental untuk melaksanakan berbagai pendekatan dan model pembelajaran, sedangkan faktor penghambat yaitu lingkungan, karena dari lingkungan ada perbedaan watak dan latar belakang serta perbedaan individu yang meliputi intelegensi.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:22
Last Modified: 11 Jan 2023 01:22
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21546

Actions (login required)

View Item View Item