EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktik Jual Beli Parfum Yang Mengandung Alkohol Melalui Tiktok Shop (Studi Kasus Tiktok Shop balme.official)

Almadina, Dea (2022) Praktik Jual Beli Parfum Yang Mengandung Alkohol Melalui Tiktok Shop (Studi Kasus Tiktok Shop balme.official). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (228kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (897kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (596kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Jual beli parfum yang mengandung alkohol melalui Tiktok Shop balme.official dalam mekanisme penjualan hanya mencantumkan cara untuk komplain jika ada kerusakan barang, bungkus pengemasan untuk pengiriman, kelebihan parfum, varian parfum, ongkos kirim, dan nomor BPOM. Akan tetapi, penjual tidak menginformasikan melalui deskripsi dan video promosi kepada konsumen bahwa parfum yang dijual mengandung alkohol dan berapa presentase alkohol dalam parfum yang dijual tersebut, di kemasan juga tidak tertera logo halal MUI. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu (1) untuk mengetahui jual beli parfum yang mengandung alkohol melalui Tiktok Shop balme.official; (2) untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap jual beli parfum yang mengandung alkohol melalui Tiktok Shop balme.official. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Untuk memperoleh data yang diperlukan maka penulis melakukan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, sehingga data yang didapat diolah menggunkan analisis data kualitatif yakni dari reduksi data, peyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli parfum yang mengandung alkohol melalui Tiktok Shop balme.official mekanisme yang digunakan sudah sesuai dengan rukun jual beli namun tidak dengan syarat jual belinya karena terdapat unsur gharar pada produknya dan melanggar hak konsumen Pasal 4 Nomor 3. Pada syarat akad salam juga ada yang tidak terpenuhi yaitu, barang yang dijual dengan akad salam harus mempunyai spesifikasi yang jelas yang dimana pada Tiktok Shop balme.official tidak dijelakan mengenai spesifikasi komposisi dengan jelas. Tiktok Shop balme.official menjualbelikan parfum yang mengandung alkohol berjenis absolute yang merupakan turunan dari etanol. Penggunaan etanol pada parfum menurut Fatwa MUI Nomor 11 Tahun 2009 boleh atau halal digunakan apabila secara medis tidak membahayakan. Oleh karena itu, jual beli parfum yang mengandung alkohol melalui Tiktok Shop balme.official dibolehkan selama sesuai dengan Fatwa MUI Nomor 11 Tahun 2009. Dalam Tiktok Shop balme.official presentase alkohol dan parfum yang digunakan 50:50, yang artinya kandungan alkohol pada parfum tersebut 50% dan tidak boleh dipakai untuk sholat.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 11 Jan 2023 04:00
Last Modified: 11 Jan 2023 04:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21561

Actions (login required)

View Item View Item