EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Guru Laki-laki dalam Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Normal Islam Rakha Amunta

Afifah, Nur Zakiah (2023) Strategi Guru Laki-laki dalam Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Normal Islam Rakha Amunta. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PENYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (804kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (82kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penanaman dan pembentukan karakter pada anak usia dini merupakan hal yang sangat penting untuk ditanamkan sejak dini. Melalui pendidikan formal yang paling mendasar yaitu Taman Kanak-kanak. Sehingga seorang guru pendidikan anak usia dini (PAUD) memiliki peran penting dalam dalam menanamkan dan membentuk karakter anak. Guru hendaknya memiliki strategi ataupun cara tertentu yang tepat pada anak usia dini untuk membentuk karakter anak yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan oleh guru laki-laki dalam pendidikan karakter pada anak usia dini di Raudhatul Athfal Normal Islam Rakha Amuntai, dan karena melihat minimnya seorang laki-laki yang menjadi guru di lembaga PAUD sehngga peneliti tertarik untuk mengangkat pemabahasan tentang guru laki-laki di lembaga PAUD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi dengan subjek penelitian kepala sekolah, 1 guru laki-laki, 1 guru perempuan, dan 4 anak di Raudhatul Athfal Normal Islam Rakha Amuntai. Tahapan analisis data penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Huberman dengan tahap pengumpulan data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru laki-laki dalam pendidikan karakter pada anak usia dini di Raudhatul Athfal Normal Islam Rakha Amuntai menggunakan, 1) keterampilan (skill), 2) strategi yang menggunakan metode bervariasi yaitu, a) metode pemberian nasehat b) metode berceramah/bercerita, c) metode bermain, d) metode bernyanyi, e) metode pembiasaan, f) metode keteladanan, dan 3) kerjasama dengan orangtua anak. Dengan strategi dan metode yang digunakan guru laki-laki di Raudhatul Athfal Normal Islam Rakha dapat menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini diantaranya yaitu nilai karakter relegius, mandiri, tanggung jawab, disiplin, peduli lingkungan, peduli sosial, cinta damai, bersahabat, kerja keras , toleransi dan jujur.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 18 Jan 2023 00:52
Last Modified: 18 Jan 2023 00:52
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21691

Actions (login required)

View Item View Item