EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kontribusi Kecerdasan Intelektual Terhadap Perilaku Prososial Pada Mahasiswa Aktif UIN Antasari Banjarmasin

Ramadina, Ramadina (2023) Kontribusi Kecerdasan Intelektual Terhadap Perilaku Prososial Pada Mahasiswa Aktif UIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (794kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Perilaku prososial adalah sebuah tindakan memberi manfaat untuk orang lain secara fisik, materi dan psikologis tanpa mengharapkan manfaat dari penerima bantuan. Perilaku prososial melibatkan beberapa proses kognitif salah satunya kecerdasan intelektual. Tetapi masalah yang ada pada mahasiswa sekarang kurangnya kepedulian untuk melakukan perilaku prososial. Maka dari itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi kecerdasan intelektual terhadap perilaku prososial pada mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin yang sesuai dengan hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat kontribusi kecerdasan intelektual terhadap perilaku prososial pada mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif UIN Antasari Banjarmasin angkatan 2020, 2021 dan 2022 yang berjumlah 5.595 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan proportional random sampling. Sampel penelitian diambil menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan tingkat error 5% didapatkan sebanyak 329 sampel responden. Desain pengukuran menggunakan skala kecerdasan intelektual yang diadaptasi dari penelitian terdahulu dengan tingkat reliabilitas 0,891 dan skala perilaku prososial yang dimodifikasi dari penelitian terdahulu dengan tingkat reliabilitas 0,891. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecerdasan intelektual yang berada pada kategori tinggi sebanyak 51 orang (15,5%), sedang 234 orang (71,1%) dan rendah 44 orang (13,4%). Tingkat perilaku prososial yang berada pada kategori tinggi sebanyak 54 orang (16,4%), sedang 234 orang (71,1%) dan rendah 41 orang (14,3%). Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat kontribusi kecerdasan intelektual terhadap perilaku prososial pada mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (nilai sig < 0,05) dan sumbangan efektif sebesar 11% sedangkan 89% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:34
Last Modified: 27 Jan 2023 06:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21950

Actions (login required)

View Item View Item