EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Tipe Kepemimpinan Islami terhadap Sikap Keberagamaan Siswa pada MA Muhammadiyah 2 Al-Furqan Banjarmasin

Khairansah, Khairansah (2023) Pengaruh Tipe Kepemimpinan Islami terhadap Sikap Keberagamaan Siswa pada MA Muhammadiyah 2 Al-Furqan Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (166kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (610kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Tipe Kepemimpinan yang dinilai ideal adalah tipe kepemimpinan yang menggunakan nilai keislaman. Selanjutnya, dalam sebuah riset pada tahun 2021 menyimpulkan bahwa siswa pada strata pendidikan menengah memiliki indeks karakter atau sikap beragama sebesar 69,52. Ini mengalami penurunan jika mengacu pada angka indikatif survei pada tahun sebelumnya, yakni sebesar 71,41. Solusi yang berupaya peneliti tawarkan dalam penelitian ini adalah penerapan tipe kepemimpinan islami yang lebih maksimal dari pihak tenaga pendidik pada lembaga pendidikan terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah terdapat kontribusi atau pengaruh antara tipe kepemimpinan islami dengan sikap keberagamaan siswa. Tipe kepemimpinan islami yang berjalan dengan baik seharusnya akan menghasilkan sikap keberagamaan siswa yang baik pula, sehinggi misi dari lembaga pendidikan terkait dapat tercapai. Penelitian ini merupakan field research dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei. Sebanyak 224 siswa dari MA Muhammadiyah 2 Al-Furqan Banjarmasin menjadi populasi, 140 ditetapkan menjadi sampel berdasarkan acuan pemilihan tabel Krejcie Morgan. Responden dipilih menggunakan teknik random sampling. Data penelitian ini dianalisis dengan IBM SPSS Statistics 26. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara tipe kepemimpinan islami dengan sikap keberagamaan siswa dengan nilai Fhitung = 168, 559 > Ftabel = 3, 91 dan tingkat signifikansinya berada pada angka 0, 000 < 0, 05. Adapun nilai R2 sebesar 0,550 menunjukkan bahwa tipe kepemimpinan islami berkontribusi sebesar 55% terhadap sikap keberagamaan siswa. Hal ini menunjukkan bahwa tipe kepemimpinan islami yang diterapkan hendaknya diperhatikan mengingat kontribusinya pada peningkatan sikap keberagamaan siswa cukup besar dan dapat menjadi sarana dalam mencapai misi yang ada pada lembaga pendidikan terkait.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 03 Apr 2023 04:23
Last Modified: 03 Apr 2023 04:23
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22501

Actions (login required)

View Item View Item