EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Sarana dan Prasarana Pembelajaran pada MTs Ulumul Qur’an Barito Kuala

Munawarah, Munawarah (2023) Manajemen Sarana dan Prasarana Pembelajaran pada MTs Ulumul Qur’an Barito Kuala. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (727kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (541kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (513kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu sumber daya yang penting untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah karena sarana dan prasarana pendidikan termasuk dalam komponen yang berada pada posisi terpenting dalam lembaga pendidikan dalam menunjang efektifitas belajar siswa di sekolah. Pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan dengan guru sebagai aktor utamanya. Guru yang kompeten dan profesional akan lebih mampu menyampaikan materi pelajaran, sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat yang optimal. Keberhasilan program pendidikan melalui proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai serta pemanfaatan dan pengelolaan yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah memfokuskan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pengadaan, pemeliharaaan, penyimpanan, penginventarisan, penghapusan, dan pengevaluasian manajemen sarana dan prasarana pembelajaran di MTs Ulumul Qur’an Barito Kuala. Jenis penelitian yang digunakan bersifat penelitian lapangan atau field research yaitu penelitian yang datanya digali melalui beberapa pengamatan dan sumber data dilapangan, dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan simpulan bahwa manajemen sarana dan prasarana pembelajaran di MTs Ulumul Qur’an Barito Kuala meliputi: kegiatan perencanaan dengan melakukan rapat koordinasi, kegiatan pengorganisasian melakukan pembagian tugas dan tanggung jawab, proses pengadaan sarana dan prasarana di MTs Ulumul Qur’an dengan melakukan pengajuan proposal, pemeliharaan dilakukan secara berkelanjutan dan yang bertugas dalam melakukan pemeliharaan ini semua warga yang ada di madrasah, Kegiatan Penyimpanan yang dilakukan yaitu dengan menyimpan barang di gudang dan di lemari, akan tetapi masih memiliki keterbatasan ruangan seperti alat-alat praktik IPA masih menyimpan di ruang perpustakaan. Di Madrasah ini belum melakukan penginventarisan barang berupa pencatatan ke dalam buku maupun memberikan pengkodean barang, kegiatan penghapusan yang dilakukan yaitu dengan melakukan penghapusan sarana prasarana yang sudah berubah fungsinya dengan cara memilah sebelum menghapus barang tersebut, Kegiatan evaluasi yang dilakukan yaitu dengan melaksanakan kegiatan evaluasi pada rapat bulanan yang dilaksanakan di awal bulan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:08
Last Modified: 20 Jun 2023 03:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23347

Actions (login required)

View Item View Item