EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Metode One Day One Dongeng Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV di MI Ni’matul Aziz

Saputri, Mahdiyah Septiana Harli (2023) Pengaruh Metode One Day One Dongeng Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV di MI Ni’matul Aziz. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (96kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (726kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (819kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Mahdiyah Septiana Harli Saputri_180101070519_Lampiran Skripsi.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia karena kurangnya minat belajar, motivasi, dan pemahaman materi pada mata pelajaran tersebut. Oleh karena itu maka diperlukanlah upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang selama ini dilakukan agar menarik minat dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan penggunaan metode One Day One Dongeng terhadap keterampilan membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode One Day One Dongeng dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode One Day One Dongeng terhadap keterampilan membaca siswa kelas IV di MI Ni’matul Aziz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi experimental research dan desain nonequivalent control group design pretest-posttest yang memiliki sample siswa kelas IV di MI Ni’matul Aziz tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes pilihan ganda, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kemampuan awal siswa diambil dari nilai pretest sedangkan nilai posttest sebagai data penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji deskriptif, uji homogenitas, dan uji U (mann-Whitney). Bedasarkan hasil penelitian penerapan metode One Day One Dongeng terhadap keterampilan membaca siswa kelas IV di MI Ni’matul Aziz ialah dengan guru memberikan sebuah buku dongeng dan menampilkan sebuah video cerita lalu meminta peserta didik untuk memberikan kesimpulan setiap cerita yang dilihat kemudian guru akan memberikan kesimpulan yang tepat saat pembelajaran berakhir. Hasil analisis penelitian menggunakan uji U (Mann-Whitney) pada hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat nilai Asymp. Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 maka 0,000 < 0,05 sehingga H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode One Day One Dongeng terhadap keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV di MI Ni’matul Aziz.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 21 Jun 2023 05:31
Last Modified: 21 Jun 2023 05:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23360

Actions (login required)

View Item View Item