EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Keterampilan Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Menggunakan Variasi Mengajar di Madrasah Aliyah Negeri Balikpapan

Syahi’da, Nazhifa Najla (2023) Keterampilan Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Menggunakan Variasi Mengajar di Madrasah Aliyah Negeri Balikpapan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (545kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (677kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (892kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Keterampilan mengajar merupakan dasar yang harus dimiliki guru sebagai modal untuk melaksanakan tugas pembelajaran secara profesional. Variasi mengajar dapat berwujud perubahan yang sengaja dibuat untuk memberikan kesan yang unik kepada peserta didik. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam proses belajar mengajar adakalanya siswa, bahkan guru mengalami kejenuhan. Maka dari itu, untuk menghindari problema tersebut perlu diciptakannya situasi dan kondisi belajar mengajar yang bervariasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan keterampilan guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam menggunakan variasi mengajar di MAN Balikpapan kemudian faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru SKI kelas XII dan 4 peserta didik kelas XII IPA dan IPS. Sedangkan objek penelitiannya adalah keterampilan guru SKI dalam menggunakan variasi mengajar di MAN Balikpapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan lebih dahulu memfokuskan pada data kemudian disajikan dalam teks yang bersifat deskriptif, dan ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru SKI dalam menggunakan variasi mengajar di MAN Balikpapan sesuai dengan teori yang ada. Guru saling mengkombinasikan tiga aspek variasi mengajar yaitu gaya mengajar, media visual, dan audio visual serta ketiga pola interaksi mengajar. Sedangkan untuk media audio guru jarang menggunakan ketika pembelajaran di kelas. Faktor pendukung terbagi menjadi 2 yaitu: dari dalam diri guru (1) latar belakang pendidikan (2) kemampuan intelektual, dari luar diri guru (1) kondisi kelas, (2) sarana dan prasarana (3) kemampuan daya pikir dan antusias peserta didik. Adapun faktor penghambat: karakter siswa yang beragam.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 05 Jul 2023 00:21
Last Modified: 05 Jul 2023 00:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23486

Actions (login required)

View Item View Item