EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Pembelajaran PAI Materi Qurban di SMPN 4 Alalak Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan

Hafidz, Muhammad (2023) Implementasi Pembelajaran PAI Materi Qurban di SMPN 4 Alalak Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
KEASLIAN TULISAN Muhammad Hafidz ii.pdf

Download (329kB)
[img] Text
AWAL Muhammad Hafidz i-xviii.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK Muhammad Hafidz - vi.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I Muhammad Hafidz 1-12.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB II Muhammad Hafidz 13-47.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img] Text
BAB III Muhammad Hafidz 48-54.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB IV Muhammad Hafidz 55-91.pdf

Download (679kB)
[img] Text
BAB V Muhammad Hafidz 92-93.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Muhammad Hafidz 94-97.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN Muhammad Hafidz 98-124.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Melalui sarana Lembaga Pendidikan peserta didik dibentuk menjadi peserta didik yang berkualitas serta berkemampuan maksimal. Kegiatan belajar mengajar adalah faktor primer pada lembaga pendidikan yang wajib dilaksanakan agar kualitas peserta didik terpenuhi. Unsur-unsur yang dominan dalam kegiatan belajar mengajar ialah pengajar, peserta didik, dan bahan belajar. Terjadinya penelitian ini ketika penulis menemukan keunikan yang berbeda dengan sekolah-sekolah pada umumnya, diantaranya yaitu adanya implementasi materi qurban secara langsung dilaksanakan di area sekolah yang mana peserta didik pun diminta untuk menyaksikan dan bisa ikut dalam pelaksanaan kegiatan qurban tersebut. Oleh karenanya penulis sangat tertarik dengan upaya sekolah dalam mengimplementasikan pembelajaran PAI Materi Qurban secara langsung pelakasanaan qurban dan peserta didik juga terlibat dalam kegiatan tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran PAI Materi Qurban serta Faktor Penghambat dan Pendukung Implementasi Pembelajaran PAI Materi Qurban di SMPN 4 Alalak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati dan berinteraksi langsung di lapangan dan Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Dalam pelaksanaannya, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa sekolah mengimplementasikan pembelajaran PAI Materi Qurban dengan cara pelaksanaan kegiatan implementasi Qurban pada ketika hari raya Idul Adha tepatnya hari raya ke-2 dan diikuti oleh peserta didik-peserta didik yang ingin berpartisipasi secara sukarela karena bersifat anjuran. faktor pendukung yaitu respon yang positif dari seluruh pihak, peran dewan guru serta dibarengi fasilitas yang mumpuni dan lengkap. Faktor penghambat tidak ada dalam segi fasilitas akan tetapi ada faktor penghambat lain yaitu faktor kurangnya pemahaman peserta didik-peserta didik dalam memahami tentang arti qurban secara mendalam dan faktor perekonomian peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 06 Jul 2023 05:40
Last Modified: 06 Jul 2023 05:40
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23511

Actions (login required)

View Item View Item