EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan LKPD Model Learning Cycle 7E Untuk Melatihkan Keterampilan 4C pada Materi Suhu dan Kalor

Mumtaza, Nazifa (2023) Pengembangan LKPD Model Learning Cycle 7E Untuk Melatihkan Keterampilan 4C pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
surat pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (266kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (280kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum tersedianya LKPD model learning cycle 7E sehingga keterampilan 4C peserta didik belum dapat terlatih dengan baik. Selain itu peserta didik masih kesulitan memahami konsep abstrak yang terdapat pada materi suhu dan kalor. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk LKPD model learning cycle 7E, mengetahui validitas LKPD model learning cycle 7E, serta mengetahui keterampilan 4C peserta didik setelah menggunakan LKPD model learning cycle 7E. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan motode pengembangan yakni Reseacrh and Development (R&D), menggunakan model 4D (define, design, develop dan disseminate). Partisipan penelitian ini terdiri dari 2 orang dosen fisika dan 1 orang dosen psikologi sebagai validator, serta 30 peserta didik kelas XI MIPA MAN 3 Amuntai. Instrumen penelitian ini berupa angket validitas, Soal pretest-posttest, lembar penilaian diri komunikasi dan kolaborasi, serta lembar observasi berpikir kreatif. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yakni, LKPD model learning cycle 7E yang dikembangkan terdiri dari 7 tahapan belajar untuk melatihkan keterampilan 4C peserta didik pada beberapa tahapan sebagai berikut; menarik minat (Engage) yang memuat critical thinking, tahap mengeksplorasi (Explore) yang menyajikan creativitiy, tahap menjelaskan (Explain) berupa communication, dan tahap menerapkan (Elaborate) untuk collaboration. Hasil validitas LKPD model learning cycle 7E untuk melatih keterampilan 4C dinyatakan sangat valid oleh validator dengan persentase rata-rata sebesar 88,73%. Adapun keterampilan 4C setelah menggunakan LKPD model learning cycle 7E yakni keterampilan kritis mendapat rata-rata N gain sebesar 0,54% dengan kategori “sedang”, keterampilan berpikir kreatif memperoleh persentase sebesar 60,78% pada pertemuan pertama dan 62,01% pada pertemuan kedua, dengan kategori “cukup kreatif”, keterampilan komunikasi sebesar 78,8% kategori “baik” dan keterampilan kolaborasi sebesar 78,2% kategori “baik”.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:23
Last Modified: 20 Oct 2023 01:23
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25088

Actions (login required)

View Item View Item